Tautan-tautan Akses

AS

3 Aktivis Perdamaian AS Didapati Bersalah Masuki Sarana Nuklir Amerika


Sebuah papan kuning mencolok yang dipasang di pagar mengumumkan larangan memasuki Kawasan Y-12 di Oak Ridge, Tennessee (Foto: dok).

Sebuah papan kuning mencolok yang dipasang di pagar mengumumkan larangan memasuki Kawasan Y-12 di Oak Ridge, Tennessee (Foto: dok).

Seorang biarawati Katholik lanjut usia dan dua aktivis perdamaian lain telah didapati bersalah memasuki sebuah sarana senjata nuklir Amerika dan merusak properti.

Juri federal di Tennessee hari Rabu (8/5) mendapati biarawati Megan Rice yang berusia 83 tahun, Michael Walli dan Greg Boertje-Obed merusak harta milik federal dan melakukan sabotase terhadap Kompleks Keamanan Nasional di kota Oak Ridge Juli lalu.

Ketiga orang itu menerobos pagar keamanan dan menyemprotkan dengan cat pesan-pesan anti-kekerasan di sebuah gedung tempat penyimpanan ratusan ton uranium yang sudah diolah, bahan yang digunakan untuk membuat senjata atom.

Jaksa federal mengatakan tindakan ketiga orang itu menyebabkan kerusakan bernilai ribuan dolar, dan memaksa operasi di kompleks Y-12 itu ditutup selama dua minggu.

Rice, Walli dan Boertje-Obed dapat dijatuhi hukuman 20 tahun penjara karena melakukan sabotase dan 10 tahun penjara karena merusak harta milik federal. Ketiga orang itu diperintahkan untuk ditahan dipenjara setelah putusan tersebut.

Sidang akan diadakan hari Kamis terkait penahan mereka sampai mereka dijatuhi hukuman.
XS
SM
MD
LG