Tautan-tautan Akses

Tidak ada Perubahan Besar dalam Jumlah Tentara di Afghanistan


Para tentara Marinir AS dari Batalion 1 di provinsi Helmand, Afghanistan (foto:dok).

Para tentara Marinir AS dari Batalion 1 di provinsi Helmand, Afghanistan (foto:dok).

Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS mengatakan tidak akan ada penurunan maupun kenaikan signifikan pada jumlah pasukan di Afghanistan.

Laksamana Mike Mullen, Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS, menyatakan ia memperkirakan tidak ada perubahan besar-besaran dalam jumlah tentara yang saat ini ditempatkan di Afghanistan.

Kantor berita Associated Press mengutip Laksamana Mullen yang mengatakan tidak akan ada kenaikan atau penurunan signifikan pada jumlah tentara di Afghanistan yang saat ini berkisar 100.000 orang.

Mullen berbicara Senin di Irak, di mana ia bertemu dengan tentara Amerika dan pejabat Irak.

Presiden Amerika Barack Obama siap melansir evaluasi mengenai strateginya di Afghanistan yang diumumkan tahun lalu, yang meningkatkan jumlah tentara Amerika di Afghanistan. Langkah tersebut dimaksudkan untuk mengatasi pemberontakan Taliban yang kian berkembang di negara tersebut.

Obama berencana mulai menarik pasukan Amerika pada bulan Juli. Tetapi, Juru Bicara NATO Brigjen Boltz kembali mengesampingkan laporan bahwa sekutu berniat meninggalkan Afghanistan. Ia mengatakan meskipun NATO menargetkan akan menyerahterimakan masalah keamanan kepada pasukan Afghanistan pada akhir tahun 2014, hal tersebut akan tergantung pada kondisi di lapangan.

XS
SM
MD
LG