Tautan-tautan Akses

Bigelow Perempuan Sutradara Terbaik Pertama, The Hurt Locker Film Terbaik


Kathryn Bigelow mengarahkan The Hurt Locker, film drama aksi mengenai sekelompok penjinak bom Angkatan Darat Amerika di perang Irak. Bigelow meraih Oscar untuk sutradara terbaik dan filmnya merebut film terbaik.

Kathryn Bigelow mengarahkan The Hurt Locker, film drama aksi mengenai sekelompok penjinak bom Angkatan Darat Amerika di perang Irak. Bigelow meraih Oscar untuk sutradara terbaik dan filmnya merebut film terbaik.

Kathryn Bigelow, sutradara The Hurt Locker, mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang memenangkan penghargaan sutradara terbaik di ajang Academy Awards. Dan secara mengejutkan, film drama aksi perang Irak tersebut mengalahkan favorit Avatar. Di kategori akting, penghargaan utama jatuh ke tangan Jeff Bridges dan Sandra Bullock. Ini adalah Oscar pertama bagi keduanya.

Kathryn Bigelow, sutradara The Hurt Locker, mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang memenangkan penghargaan sutradara terbaik di ajang Academy Awards. Film drama aksi arahannya, The Hurt Locker, memenangkan enam Academy Awards untuk film terbaik, sutradara terbaik, penyuntingan terbaik, penulisan naskah asli terbaik, penyuntingan suara dan mixing suara.

Penghargaan bagi Bigelow ini menjadikannya sutradara perempuan pertama yang memenangkan sutradara terbaik Academy Awards. Dalam kategori ini, ia sekaligus mengalahkan mantan suaminya, James Cameron, sutradara film Avatar.

Film epik sains fiksi yang semula menjadi favorit tersebut hanya menyabet tiga Oscar melalui kategori pengarahan seni dan sinematografi dan efek khusus.

Di kategori pemeran utama, Jeff Bridges meraih Oscar untuk perannya sebagai penyanyi country yang menua di Crazy Heart, dan Sandra Bullock sebagai ibu angkat bagi seorang remaja pemain football di The Blind Side. Ini adalah Oscar pertama bagi keduanya. Bridges yang sudah lama malang-melintang di dunia akting, sebelum ini lebih terkenal sebagai spesialis pemeran pendukung dan bukan aktor utama. Sementara Bullock, lebih dikenal penggemar film sebagai ratu romantic comedy dan baru pertama kali ini keluar dari stereotipe perannya tersebut.

Sementara itu, peran antagonis mendatangkan penghargaan Academy Awards bagi seorang aktor dan aktris yang juga baru pertama kali meraih Oscar. Penghargaan pertama malam Oscar ini jatuh ke tangan aktor Austria, Christoph Waltz, yang menang untuk perannya sebagai Kolonel Hans Landa di film karya Quentin Tarantino, Inglorious Basterds.

Di kategori pemeran pendukung wanita terbaik, aktris Mo'Nique, menyabet piala Oscar untuk perannya sebagai ibu yang kejam dalam film Precious. Film Precious ini juga memenangkan Oscar untuk kategori penulisan naskah adaptasi terbaik.

Tahun ini, total 10 film masuk dalam jajaran nominasi film terbaik. Selain The Hurt Locker dan Avatar, masuk dalam nominasi antara lain; Inglorious Basterds mengenai balas dendam bagi Nazi, film sains fiksi District 9 yang mengambil setting di Afrika Selatan dan Precious yang bercerita mengenai derita seorang remaja perempuan berkulit hitam di Harlem.

Film lainnya dalam daftar nominasi adalah The Blind Side, An Education, A Serious Man, Up In The Air, dan film animasi Up.

XS
SM
MD
LG