Tautan-tautan Akses

The Blind Side: Bukan Sekedar Film tentang Football


Nasib mempertemukan Michael Oher, yang diperankan Quinton Aaron (kanan) dengan keluarga Leanne Tuoy yang diperankan bintang Hollywood Sandra Bullock (kiri).

Nasib mempertemukan Michael Oher, yang diperankan Quinton Aaron (kanan) dengan keluarga Leanne Tuoy yang diperankan bintang Hollywood Sandra Bullock (kiri).

Kisah ini dimulai dengan Michael Oher, seorang remaja keturunan Afrika Amerika, yang diambil dari pengasuhan ibunya waktu kecil karena ibunya seorang pecandu narkoba.

Menonton film The Blind Side yang dibintangi Sandra Bullock, seperti menonton film drama Hollywood yang penuh liku-liku dan diakhiri sebuah akhir

Namun kisah ini bukan karangan Hollywood, melainkan sebuah kisah nyata yang terjadi baru-baru ini.

Kisah ini dimulai dengan Michael Oher, seorang remaja keturunan Afrika Amerika, yang diambil dari pengasuhan ibunya waktu kecil karena ibunya seorang pecandu narkoba. Tidak berprestasi di sekolah, Michael berprestasi di bidang olah raga, khususnya football. Singkat cerita, seseorang yang sementara menampungnya, mendaftarkan Michael pada sebuah sekolah swasta. Pada saat itulah nasib mempertemukannya dengan keluarga Leanne Tuoy, seorang perempuan berkulit putih, yang juga menyekolahkan anak-anaknya di sana.

Keluarga Leanne Touy menerima Michael sebagai anggota keluarga mereka. Setelah pindah ke rumah Leanne, prestasi Michael mulai seimbang di bidang akademis maupun di bidang olah raga karena bantuan seorang tutor yang disediakan Leanne. Menjelang tamat SMA, tawaran beasiswa dari berbagai universitas mulai berdatangan karena kehandalannya sebagai posisi offensive tackle dalam tim football sekolahnya.

Sandra Bullock yang memerankan Leanne Tuohy yang murah hati, tidak mengetahui kisah Michael Oher sebelum menerima tawaran main dalam film The Blind Side. Baru kemudian ia membaca bukunya yang terbit tahun 2006 dan cuplikannya dimuat dalam surat kabar The New York Times.

Kepada the Today Show di NBC, Sandra mengatakan ia tadinya pesimis dapat mengkontribusikan sesuatu yang berarti dalam film ini, karena ia sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang olah raga football. Ternyata, ia banyak belajar tentang football ketika membaca bukunya dan juga belajar soal rasa sosial, karena memerankan seorang dermawan yang memberi tanpa batas.

Film ini kaya dengan penggambaran realitas sosial di Amerika Serikat, di mana ras masih kerap menjadi pengganjal dan pemisah antarwarga. Walaupun pujian menghujani film ini untuk pengangkatannya mengenai isu rasial, namun tak pelak, muncul berbagai komentar yang mengkritik penggambaran tokoh berkulit putih sebagai pahlawan bagi rekannya yang berkulit hitam.

Tapi, kritik tersebut sepertinya tidak menggoyang kepercayaan diri Sandra sebagai aktris. Sandra selama ini dikenal sebagai ratu genre romantic comedy. The Blind Side ini merupakan film pertama di mana ia keluar dari stereotipe perannya. Tak tanggung-tanggung, ia meraih penghargaan Golden Globe Awards untuk aktris drama terbaik, dan kini menjadi favorit untuk memenangkan aktris terbaik dalam ajang Academy Awards. Film ini juga menjadi salah satu dari 10 nominasi Oscar untuk kategori film terbaik.



XS
SM
MD
LG