Tautan-tautan Akses

Tentara Thailand Ditarik Setelah Sepuluh Pemrotes Tewas


PM Abhisit Vejjajiva tampil di TV Sabtu malam untuk menegaskan bahwa dia akan melanjutkan upaya untuk mengatasi situasi yang ada.

Perdana Menteri Thailand mengatakan, tentara telah mengakhiri operasi mereka setelah sedikitnya 10 orang tewas dalam bentrokan antara aparat keamanan dan pemrotes anti-pemerintah di Bangkok.

PM Abhisit Vejjajiva tampil di televisi hari Sabtu malam untuk menegaskan bahwa dia akan melanjutkan upaya untuk mengatasi situasi yang ada, seraya tak mau tunduk kepada tuntutan agar dia melepaskan jabatan. Perdana Menteri yang terus-menerus mendapat tekanan itu menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Aksi protes sebulan itu berubah menjadi aksi kekerasan setelah aparat keamanan berupaya memukul mundur pemrotes kaos merah karena mereka menduduki beberapa kawasan utama di Bangkok.

Aparat keamanan tak berhasil membubarkan pemrotes dari tempat-tempat umum sekali pun sudah ditembaki peluru karet, disemproti gas airmata, bahkan ditembaki peluru tajam. Pemrotes menyerang balik dengan melempar batu, senjata dan bom Molotov.

Pejabat-pejabat mengatakan satu wartawan dan beberapa tentara termasuk di antara yang tewas. Lima ratus lebih lainnya terluka dalam bentrokan di hari Sabtu itu.

XS
SM
MD
LG