Tautan-tautan Akses

Tenggat bagi Kongres AS untuk Loloskan RUU Anggaran Makin Dekat


Rancangan APBN 2012 yang diusulkan Presiden Obama kepada Kongres AS.

Rancangan APBN 2012 yang diusulkan Presiden Obama kepada Kongres AS.

Presiden Obama mendesak para anggota Kongres untuk mencapai kesepakatan RUU anggaran sebelum pendanaan sekarang habis.

Gedung Putih mengatakan para perunding di Kongres tampaknya membuat kemajuan guna menghindari sebuah penghentian operasi pemerintahan, sementara tenggat waktu untuk mencapai persetujuan atas RUU anggaran semakin mendekat.

Jurubicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan, kehati-hatian dibutuhkan guna menjamin bahwa ekonomi tidak terpengaruh. Ia mengatakan perunding harus berusaha agar langkah belanja ini memberi para anggota Kongres cukup waktu untuk mendanai pemerintah sepanjang sisa tahun fiskal ini.

Pendanaan saat ini untuk operasi pemerintahan akan berakhir Jumat ini. Sebuah penghentian operasi pemerintah akan mempengaruhi layanan pemerintah yang tidak esensial, dan sementara memecat ratusan ribu pegawai federal.

Dalam pidato nasional mingguannya, Sabtu, Presiden Barack Obama mendesak para anggota Kongres untuk mencapai kesepakatan dan meloloskan sebuah persetujuan anggaran sebelum pendanaan yang sekarang habis.

Pemerintah Federal beroperasi berdasarkan RUU belanja sementara sejak akhir tahun lalu, karena Kongres belum berhasil meloloskan sebuah anggaran penuh. Penghentian operasi pemerintah federal terjadi pada akhir 1995 dan awal 1996 ketika Bill Clinton menjabat sebagai presiden.

Presiden Barack Obama juga mengatakan pegawai negeri seharusnya tidak dikorbankan atau dihilangkan haknya selagi pemerintahan pada tingkat nasional, negara bagian dan lokal berjuang untuk mengatasi masalah finansial yang sulit.

Ia berbicara kepada para gubernur di Washington, Senin, setelah terjadi pertikaian politik berkepanjangan di Wisconsin antara gubernur dari Republik dan para pegawai negara bagian. Obama mengatakan memecahkan permasalahan ini membutuhkan “pengorbanan bersama” oleh setiap pihak dan bukan merugikan salah satu kelompok saja.

Obama mengatakan mengkambing hitamkan pegawai pemerintah akan menyulitkan kandidat-kandidat terbaik untuk berdinas baik sebagai guru, pemadam kebakaran maupun polisi.

XS
SM
MD
LG