Tautan-tautan Akses

Teknologi Baru Ingin Ubah Pengalaman Nonton Film


Situs-situs penayangan video di internet seperti YouTube dan Vimeo sudah menawarkan film-film pendek VR yang dibuat oleh para pembuat film amatir serta profesional.

Suatu ketika kita mungkin pergi ke gedung bioskop dimana bukannya menyaksikan film pada layar lebar, kita memasuki lokasi dan menyaksikan adegan-adegan film dipaparkan di sekitar kita.

Itulah yang dijanjikan teknologi seperti Virtual Reality (VR) dan video 360 degree. Situs-situs penayangan di internet seperti YouTube dan Vimeo sudah menawarkan film-film pendek VR yang dibuat oleh para pembuat film amatir serta profesional.

Kita bisa menontonnya dengan alat di kepala yang mahal tapi banyak orang menggunakan ponsel pintar mereka yang dilekatkan ke alat dari karton dan bisa dibeli dari Google seharga US$15 dolar.

Sejauh ini sebagian besar film tersebut adalah animasi komputer atau pemandangan yang menampilkan pengalaman seperti naik roller coaster.

Di South by Southwest di Austin, Texas bulan lalu orang-orang mengenakan peralatan dikepala (headset) menyaksikan bagian dari film VR komedi kelompok geng yang syutingnya dilakukan di Baltimore.

Pembuat film "Career Opportunities in Organized Crime" mengklaim film itu adalah film panjang pertama yang dibuat dalam VR 360 degree. Selain adegan utama, film ini juga meliput krew yang membuatnya, dan mereka menyebutnya sebuah mockumentary atau film dengan gaya dokumenter, dimana kisah pembuatan filmnya juga merupakan bagian dari cerita. [my/jm]

XS
SM
MD
LG