Tautan-tautan Akses

Taiwan, China Siap Langsungkan Pembicaraan Bersejarah


 Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan, Zhang Zhijun dijadwalkan akan mengunjungi kota Nanjing dan Shanghai 11-14 Februari 2014 mendatang (Foto: dok).

Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan, Zhang Zhijun dijadwalkan akan mengunjungi kota Nanjing dan Shanghai 11-14 Februari 2014 mendatang (Foto: dok).

Menteri Urusan China Daratan Wang Yu-chi akan bertemu Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan, Zhang Zhijun, di kota Nanjing, China Selatan dan di Shanghai dari tanggal 11 hingga 14 Februari.

Pembuat kebijakan tertinggi Taiwan mengenai Beijing mengatakan ia akan melawat ke China daratan bulan depan untuk melangsungkan kontak tingkat tinggi pertama antara kedua pihak sejak 1949.

Menteri Urusan China Daratan Wang Yu-chi mengatakan, Selasa (28/1), lawatannya penting bagi pengukuhan hubungan China-Taiwan yang menghangat dalam beberapa tahun terakhir.

Wang akan bertemu sejawatnya dari China, Wakil Menteri Luar Negeri Zhang Zhijun, di kota Nanjing, China Selatan dan di Shanghai dari tanggal 11 hingga 14 Februari.

Berbicara kepada wartawan, Wang mengatakan, lawatannya ini tidak akan menyinggung isu-isu politik yang sensitif, namun akan membantu membangun mekanisme komunikasi untuk menghindari kesalahpahaman.

Taiwan memisahkan diri dari China menyusul perang saudara pada 1949, namun Beijing masih menganggap Taiwan sebagai salah satu propinsi yang memisahkan diri dan pada suatu hari akan bersatu dengan China daratan.

Hubungan ekonomi antara kedua pihak membaik dalam tahun-tahun terakhir, khususnya setelah Ma Ying-jeou yang agak bersahabat dengan Beijing terpilih sebagai presiden pada 2008 dan terpilih kembali pada 2012.
XS
SM
MD
LG