Tautan-tautan Akses

Tabare Vazquez Menangkan Pilpres Uruguay


Kandidat dari partai yang berkuasa, Tabare Vazquez, merayakan kemenangannya di Montevideo, Uruguay, Minggu (30/11). (AP/Matilde Campodonico)

Kandidat dari partai yang berkuasa, Tabare Vazquez, merayakan kemenangannya di Montevideo, Uruguay, Minggu (30/11). (AP/Matilde Campodonico)

Vazquez pernah menjadi presiden dari 2005 sampai 2010, sebelum digantikan Jose Mujica, mantan gerilyawan yang terkenal atas kesederhanaan gaya hidupnya.

Kandidat dari partai yang berkuasa, Tabare Vazquez, telah dengan mudah memenangkan pemilihan presiden Uruguay.

Doktor kanker yang berusia 74 tahun itu memenangkan pemilihan babak kedua Minggu (30/11), yang memperpanjang kekuasaan koalisi kiri yang telah membantu melegalisasi pernikahan gay dan mengambil langkah untuk menciptakan pasar ganja pemerintah yang pertama.

Saingannya, Lacalle Pou, 41, telah berjanji akan mencabut banyak rencana untuk membuat pemerintah mengatur produksi, distribusi dan penjualan ganja di seluruh negara itu. Gagasan tersebut masih dalam proses untuk dilaksanakan.

Presiden terpilih Vazquez pernah menjadi presiden dari 2005 sampai 2010. Popularitas ketika masa jabatannya berakhir membuka jalan untuk terpilihnya penggantinya, presiden sekarang Jose Mujica, seorang mantan gerilyawan yang terkenal atas kesederhanaan gaya hidupnya. Kedua tokoh itu anggota koalisia Front Luas, yang telah berkuasan selama 10 tahun.

Uruguay melarang presiden memperoleh masa jabatan yang berturut-turut, yang berlangsung lima tahun.

XS
SM
MD
LG