Tautan-tautan Akses

Sumber AP: Michel Platini Akan Mencalonkan Diri Sebagai Presiden FIFA

  • Associated Press

Presiden UEFA Michel Platini (Foto: dok.)

Presiden UEFA Michel Platini (Foto: dok.)

Michel Platini akan mencalonkan diri sebagai presiden FIFA dan berencana mengumumkan niatnya tersebut minggu ini.

Dua pejabat yang mengetahui rencana Platini tersebut telah mengatakan Associated Press bahwa wakil presiden FIFA tersebut telah mengambil keputusan untuk mencoba menggantikan Sepp Blatter. Mereka tidak ingin disebutkan namanya karena Platini belum mengumumkan pencalonan dirinya.

Mereka mengatakan Platini yang merupakan presiden UEFA didorong untuk mencalonkan diri oleh sebagian besar pemimpin konfederasi benua FIFA.

Lima dari enam pemimpin benua, termasuk Platini, berada di St. Petersburg, Rusia, minggu lalu untuk menghadiri pertemuan FIFA dan undian kualifikasi Piala Dunia 2018.

Platini menolak berbicara tentang ambisinya ketika ditanya oleh AP di St. Petersburg.

Pemilihan FIFA akan berlangsung pada 26 Februari dan calon kandidat harus mendaftarkan diri paling lambat tanggal 26 Oktober.

Platini adalah salah satu calon kuat bila ia memutuskan untuk mencalonkan diri, dua bulan setelah Blatter terpilih menjadi presiden FIFA untuk masa jabatan empat tahun yang kelima kalinya.

Dua mantan wakil presiden FIFA dari Asia juga mungkin mencalonkan diri.

Pangeran Ali bin al-Hussein dari Yordania, yang kalah dari Blatter dengan jumlah suara 133-73 pada 29 Mei, dan politisi Korea Selatan Chung Mong-joon telah memberikan pernyataan publik tentang pemilihan FIFA beberapa hari terakhir ini.

Blatter adalah mentor Platini dalam catur politik FIFA hingga hubungan mereka mulai renggang setelah Blatter yang berusia 79 tahun dan berkewarganegaraan Swiss tersebut bertahan sebagai presiden FIFA dalam beberapa tahun terakhir.

Setelah 17 tahun menjabat sebagai presiden FIFA, Blatter mengatakan pada 2 Juni bahwa ia mengundurkan diri, akibat tekanan dari badan investigasi federal AS dan Swiss terkait dugaan korupsi yang melibatkan pejabat senior FIFA.

Platini belum dikaitkan dengan tuduhan kejahatan, walaupun suaranya untuk Piala Dunia 2022 di Qatar terbukti kontroversial. Ia adalah anggota komite eksekutif FIFA pertama yang menyatakan siapa yang ia dukung dalam pemilihan bulan Desember 2011 yang juga memutuskan Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018.

Platini tahun lalu memilih untuk tidak mencalonkan diri melawan Blatter dalam pemilihan terakhir.

"Belum saatnya saya mencalonkan diri," ujar Platini Agustus tahun lalu di Monaco ketika mengumumkan ia akan fokus untuk memenangkan masa jabatan ketiga di UEFA, yang akhirnya ia menangkan pada bulan Maret.

XS
SM
MD
LG