Tautan-tautan Akses

Studi Tingkatkan Harapan Pencegahan Alzheimer


Perubahan gaya hidup seperti pola makan dan pendidikan yang lebih tinggi bisa mencegah penyakit Alzheimer (foto: ilustrasi).

Perubahan gaya hidup seperti pola makan dan pendidikan yang lebih tinggi bisa mencegah penyakit Alzheimer (foto: ilustrasi).

Beberapa studi pencegahan Alzheimer dipaparkan minggu ini pada konferensi internasional Asosiasi Alzheimer di Kopenhagen, Denmark.

Para ilmuwan mengatakan perubahan gaya hidup seperti pola makan yang lebih sehat dan pendidikan yang lebih tinggi bisa mencegah orang terkena penyakit Alzheimer dan bentuk-bentuk dimensia lainnya.

Beberapa studi yang dipaparkan minggu ini pada konferensi internasional Asosiasi Alzheimer di Kopenhagen, Denmark mendukung pandangan ini.

Satu uji coba di Finlandia mendapati olah raga, diet dan pelatihan kognitif serta perubahan lain selama dua tahun meningkatkan fungsi daya ingat.

Riset juga menunjukkan penurunan tingkat dimensia di Amerika, Jerman dan negara-negara maju lainnya. Sebuah studi di Amerika menyimpulkan seorang warga Amerika diatas usia 60 tahun sekarang memiliki kesempatan 44 % lebih rendah menderita dimensia dibandingkan orang pada usia yang sama 30 tahun lalu.

Para periset mengatakan penyebab hal ini bisa jadi penurunan dalam merokok, penyakit jantung dan stroke- semua faktor yang dikaitkan dengan dimensia selain perbaikan dalam tekanan darah dan tingkat kolesterol.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG