Tautan-tautan Akses

Serangkaian Ledakan Bom Guncang Irak, 19 Orang Tewas


Peta wilayah Irak dan lokasi kota Baghdad.

Peta wilayah Irak dan lokasi kota Baghdad.

Serangkaian serangan bom mobil, Sabtu (28/2) melanda pasar yang ramai dan sebuah pos perbatasan milisi Syiah, sehingga menewaskan 19 orang dalam serangan-serangan terpisah di sebelah utara ibukota, Baghdad.

Polisi mengatakan serangan pertama terjadi Sabtu pagi (28/2) sewaktu sebuah bom mobil meledak dekat pasar yang ramai di kota Balad Ruz. Beberapa menit kemudian, bom mobil kedua meledak, menarget orang-orang yang berkumpul untuk menginspeksi lokasi serangan pertama.

Menurut polisi dan petugas rumah sakit, 11 orang tewas dan 50 lainnya luka-luka di kota yang terletak 70 kilometer sebelah timur laut Baghdad itu.

Serangan kedua dilakukan pengebom bunuh diri yang mengemudikan mobil bermuatan bahan peledak ke pos pemeriksaan yang dijaga milisi Syiah, yang memerangi militan Negara Islam (ISIS) di dekat kota Samarra.

Empat pejuang Syiah tewas dan 15 lainnya luka-luka. Samarra dan daerah-daerah sekitarnya kerap diserang ISIS, yang merebut wilayah yang luas di bagian barat dan utara Irak musim panas lalu.

Sementara itu, Perdana Menteri Haider al-Abadi di Baghdad menyatakan bertekad akan memburu dan menghukum mereka yang berada di balik penghancuran artifak kuno di Mosul, Irak Utara.

ISIS hari Kamis (27/2) merilis video yang memperlihatkan militan menggunakan palu godam menghancurkan patung-patung, yang mereka sebut sebagai berhala yang harus disingkirkan. Aksi ini memicu kecaman global.

XS
SM
MD
LG