Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Adakan Pembicaraan Fiskal Menit Terakhir


Senat AS terus mengupayakan pencarian solusi untuk upaya menghindari jurang fiskal yang semakin mendekati menit-menit terakhir (Foto: dok).

Senat AS terus mengupayakan pencarian solusi untuk upaya menghindari jurang fiskal yang semakin mendekati menit-menit terakhir (Foto: dok).

Para senator Amerika kembali bertemu hari Senin (31/12) untuk mengadakan pembicaraan menit terakhir guna menghindari krisis jurang fiskal.

Jurang fiskal, berupa kenaikan tajam pajak dan pemangkasan anggaran belanja Amerika akan mulai berlaku tanggal 1 Januari. Suatu kesepakatan untuk menghindari jurang fiskal di menit terakhir mendekati tenggat waktu ini kemungkinan besar akan dimulai melalui Senat, yang akan bertemu sebelum tengah hari, setelah pembicaraan sepanjang hari Minggu tidak banyak memperoleh kemajuan.

Wakil Presiden Joe Biden mengadakan perundingan dengan Pemimpin Fraksi Republik dalam Senat Mitch McConnel, selagi Fraksi Demokrat dan Fraksi Republik berusaha mengatasi perbedaan mereka mengenai tingkat pajak bagi warga kaya dan pemotongan anggaran belanja federal.

Pemimpin Fraksi Demokrat dalam Senat, Harry Reid, mengatakan hari Minggu bahwa perbedaan tersebut “signifikan,” sementara McConnel mengatakan, yang menjadi perintang tampaknya tidak adanya kesediaan, minat, atau keberanian di kalangan para legislator untuk mencapai persetujuan.

Jika Senat yang dikuasai Partai Demokrat itu memilih kesepakatan kompromi, DPR yang dipimpin golongan Republik harus menyetujui langkah tersebut. Presiden kemudian dapat menanda-tanganinya Senin malam, menghindari kenaikan pajak otomatis bagi hampir seluruh warga Amerika berlaku hari Selasa.
XS
SM
MD
LG