Tautan-tautan Akses

Selandia Baru Selidiki Ancaman Racun Susu Bayi


Pabrik susu "Fontera" di Waikato, Selandia Baru (Foto: dok).

Pabrik susu "Fontera" di Waikato, Selandia Baru (Foto: dok).

Perusahaan produk susu raksasa “Fonterra” dan asosiasi petani “Federated Farmers” telah menerima surat-surat ancaman gelap bulan November lalu.

Polisi Selandia Baru sedang menyelidiki sebuah ancaman gelap untuk meracuni formula susu bayi, sebagai bagian dari sebuah protes terhadap negara itu, yang menggunakan umpan beracun dalam membasmi hama.

PM John Key mengatakan hari Selasa (10/3), ancaman tersebut kemungkinan adalah lelucon, dan meyakinkan para orangtua bahwa formula susu bayi aman bagi bayi.

Tetapi, pengumuman tadi menimbulkan keprihatinan akan terjadi tindakan balasan terhadap industri susu, yang secara ekonomi sangat penting bagi Selandia Baru.

Pihak kepolisian menambahkan, perusahaan produk susu raksasa “Fonterra” dan asosiasi petani “Federated Farmers” telah menerima surat-surat ancaman gelap bulan November lalu.

Surat-surat itu disertai paket-paket kecil berisi susu bubuk yang dites positif mengandung bentuk konsentrasi pestisida pertanian 1080. Surat-surat tadi mengancam akan meracuni susu bayi dan produk lainnya dengan pestisida 1080, jika Selandia Baru tidak menghentikan penggunaan umpan racun yang disebut, hingga akhir bulan Maret.

XS
SM
MD
LG