Tautan-tautan Akses

Sekolah di Sebagian Wilayah AS Alami Kelangkaan Susu Kemasan Karton


Persediaan susu dalam kemasan kotak karton kecil langka di beberapa negara bagian AS (foto: dok).
Persediaan susu dalam kemasan kotak karton kecil langka di beberapa negara bagian AS (foto: dok).

Susu dalam kemasan kotak karton kecil yang disajikan bersama jutaan bekal makan siang sekolah di seluruh Amerika kemungkinan akan menjadi barang langka di sejumlah kafetaria sekolah, dan bakal banyak distrik yang harus mencari alternatif lain. Menurut pemasok industri susu dan pejabat berwenang, masalahnya bukan pada kekurangan susu, tetapi pada karton yang digunakan untuk mengemas dan menyajikan susu.

Dalam sebuah pernyataan Jumat lalu (3/11), Pactiv Evergreen di Lake Forest, Illinois, yang menyebut perusahaannya sebagai “produsen makanan dan minuman segar kemasan di Amerika Utara” mengakui bahwa mereka “terus menghadapi permintaan yang jauh lebih tinggi dari yang diproyeksikan” untuk susu-susu dalam karton.

Juru bicara Dairy Foods Association, Matt Herrick, kekurangan karton untuk mengemas susu ini mempengaruhi kemampuan perusahaan “memasok seluruh pesanan susu sekolah.”

Kelangkaan Susu Berimbas ke Rumah Sakit, Rumah Jompo, juga Lapas

Pejabat-pejabat sekolah di negara bagian New York, Pennsylvania, California dan Washington mengatakan mereka bersiap menghadapi kekurangan susu dalam kemasan karton ini. Sedangkan Departemen Pertanian Amerika mengakui bahwa masalah rantai pasokan ikut menimbulkan dampak pada “banyak negara bagian.”

Di California, pejabat urusan pendidikan di negara bagian itu meminta pihak sekolah untuk fleksibel ketika menawarkan susu pada anak-anak, termasuk membatasi pilihan susu, atau menggunakan susu kotak yang berukuran lebih besar dan biasa terdapat di toko eceran, atau menyediakan susu menggunakan dispenser curah.

Kekurangan karton juga bisa berdampak pada susu dan jus yang disajikan di rumah sakit-rumah sakit, panti-panti jompo dan penjara-penjara. Kemungkinan ini memaksa para pejabat di seluruh Amerika memikirkan rencana cadangan untuk mengatasi hal tersebut.

Formula Bayi Langka, Diaspora Indonesia Terdampak
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:01 0:00

Cari Alternatif Lain

Di Clarence, New York, pejabat distrik sekolah setempat mengatakan kepada para orang tua bahwa mereka berencana menyediakan “air atau susu dalam botol berukuran kecil yang memiliki penutup,” jika karton kemasan susu benar-benar habis.

Di Lake Stevens, Washington, yang terletak sekitar 64 kilometer dari Seattle, susu coklat kemasan karton tidak ada lagi dalam pengiriman produk susu minggu ini. Melalui email, Direktur Komunikasi Distrik Sekolah Lake Stevens, Jayme Taylor, mengatakan “itulah satu-satunya keluhan yang kami terima dari siswa.”

Susu wajib disajikan bersama makanan lain di sekolah, namun pejabat urusan Layanan Makanan dan Gizi USDA pada akhir bulan lalu mengeluarkan memo yang mengizinkan distrik untuk menyajikan berbagai jenis atau ukuran susu selama terjadinya kelangkaan pasokan susu kemasan karton, atau tidak menyediakan susu sama sekali.

Belum jelas berapa lama kekurangan karton kemasan akan terjadi. Namun di Everett, Washington, pejabat sekolah mengatakan kepada para orang tua bahwa gangguan pasokan susu kemasan karton di kafetaria bisa “berkisar beberapa bulan.”

Herrick mengatakan pengolah susu Amerika sedang bekerja dengan beberapa pemasok kemasan untuk menyelesaikan isu kelangkaan ini. Ia memperkirakan masalah ini akan membaik dalam beberapa minggu ke depan, dan diselesaikan selambat-lambatnya pada awal tahun depan. [em/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG