Tautan-tautan Akses

SeaWorld Kritik Larangan Pengembangbiakan Paus Orca


Orang-orang menonton seekor paus pembunuh melalui dinding kaca di SeaWorld di San Diego, 30 November 2006.

Orang-orang menonton seekor paus pembunuh melalui dinding kaca di SeaWorld di San Diego, 30 November 2006.

SeaWorld mengkritik keputusan pemerintah daerah California yang melarang pengembangbiakan paus Orca yang berada dalam penangkaran, dan mengatakan melarang mamalia tersebut untuk berkembang biak adalah tindakan yang kejam.

Taman hiburan San Diego mengatakan pada hari Jumat (9/10) bahwa mereka sedang mengkaji ulang dan mempertimbangkan langkah lain setelah Komisi Pesisir California atau California Coastal Commission memilih untuk mengijinkan taman hiburan tersebut memperluas habitat paus pembunuh dengan syarat menghentikan program pengembangbiakan dalam penangkaran.

"Berkembang biak adalah bagian yang alami, fundamental dan penting dalam kehidupan hewan dan melarang hewan bereproduksi adalah hal yang tidak manusiawi," tulis taman hiburan itu dalam sebuah pernyataan.

Presiden taman hiburan tesebut, John Reilly, mengatakan larangan pengembangbiakan itu akan "memvonis hewan-hewan itu untuk pelan-pelan punah ketika berada dalam perawatan kami."

Pemerintah California juga melarang penjualan, perdagangan atau pengalihan paus orca yang ditangkar di taman hiburan tersebut.

SeaWorld bergulat menghadapi jumlah pengunjung yang berkurang dan kritik publik sejak film "Blackfish" diluncurkan pada tahun 2013, yang menyebutkan SeaWorld tidak merawat paus orca dengan semestinya.

SeaWorld membantah tuduhan bahwa mereka tidak merawat paus orca dengan baik, dan mengatakan bahwa para paus diperlihatkan pada publik agar publik mengerti penderitaan paus pembunuh itu.

Taman hiburan tersebut ingin membangun kolam paus orca baru yang menurut mereka akan memberikan ruang lebih luas pada mamalia tersebut untuk berenang dan para publik dan peneliti bisa melihat paus orca dengan lebih baik.

Komisi Pesisir California mengatakan menerima lebih dari 100.000 email dan puluhan ribut surat dan kartu pos tentang masalah itu sebelum dengar pendapat umum berlangsung hari Kamis lalu di Long Beach yang dihadiri oleh lebih dari 500 orang. [dw]

XS
SM
MD
LG