Tautan-tautan Akses

Rusia, China, Pakistan Bahas Ancaman ISIS


Peta wilayah Afghanistan, Pakistan, China dan Rusia.

Negara-negara ini mengatakan, mereka terdorong melakukan tindak bersama akibat pengaruh kelompok teroris itu yang semakin besar di Afghanistan.

Pejabat senior dari China, Pakistan, dan Rusia akan bertemu di Moskow hari Selasa (27/12) untuk meninjau apa yang mereka persepsikan sebagai ancaman semakin besar dari ekstremis Negara Islam (ISIS) di perbatasan mereka.

Negara-negara ini mengatakan, mereka terdorong melakukan tindak bersama akibat pengaruh kelompok teroris itu yang semakin besar di Afghanistan. Iran kemungkinan juga akan diikutsertakan di masa depan.

China dan Pakistan langsung berbatasan dengan Afghanistan, sementara Rusia khawatir ekstremis akan memperluas kegiatan mereka di perbatasannya lewat negara-negara Asia Tengah seperti Tajikistan dan Uzbekistan.

Pemerintah Afghanistan pimpinan Ashraf Ghani tidak diikutsertakan dalam pembicaraan itu, dan mempertanyakan motif dari pertemuan itu. Kabul dan AS yang mendukung pasukan Afghanistan dalam perang melawan Taliban, juga menentang kontak-kontak diam-diam ketiga negara itu dengan Taliban, yang berusaha menggulingkan pemerintahan Hamid Karzai di masa lalu. [jm]

XS
SM
MD
LG