Tautan-tautan Akses

Rumania Setujui Kredit Baru dari IMF dan Uni Eropa


Presiden Rumania Traian Basescu (foto: dok) mengatakan hanya akan menggunakan pinjaman baru jika benar-benar diperlukan.

Presiden Rumania Traian Basescu (foto: dok) mengatakan hanya akan menggunakan pinjaman baru jika benar-benar diperlukan.

Dengan pinjaman baru ini, total dana talangan yang diterima Rumania dari IMF dan kreditur lainnya bernilai lebih 27 miliar dolar.

Rumania telah menyetujui perjanjian pinjaman baru dengan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Uni Eropa yang memberikan negara Eropa Tengah ini pinjaman selama dua tahun senilai hampir tujuh miliar dolar.

Presiden Traian Basescu pada hari Minggu mengatakan di Bukares, pinjaman akan digunakan hanya jika diperlukan. Dengan pinjaman baru ini, total dana talangan yang diterima Rumania dari IMF dan kreditur lainnya bernilai lebih 27 miliar dolar.

Basescu mengatakan perekonomian Rumania telah keluar dari krisis, dan kondisi untuk kembali ke pertumbuhan ekonomi, menurutnya, telah tercipta.

IMF, Uni Eropa dan Bank Dunia bersama-sama menyediakan dana 20,7 miliar bagi Rumania pada bulan Mei 2009. Sebagai persyaratan, pemerintah Rumania terpaksa melakukan pemotongan anggaran yang besar, mengurangi gaji pegawai negeri dan menaikkan pajak penjualan.

XS
SM
MD
LG