Tautan-tautan Akses

Robot China di Permukaan Bulan 'Hidup Lagi'


Penjelajah permukaan bulan pertama milik China "Jade Rabbit" saat mendarat di permukaan bulan, 15 Desember 2013 (Foto: dok).

Penjelajah permukaan bulan pertama milik China "Jade Rabbit" saat mendarat di permukaan bulan, 15 Desember 2013 (Foto: dok).

Penjelajah permukaan bulan milik China "Jade Rabbit" telah menunjukkan tanda-tanda kehidupan, beberapa jam setelah dinyatakan mati oleh pihak berwenang antariksa Beijing.

Seorang juru bicara program penyelidikan bulan China, melalui kantor berita resmi Xinhua, Kamis (13/2) menyatakan kendaraan robot itu “telah hidup kembali.” Para tehnisi dilaporkan masih terus mencari penyebab “kerusakan pengendali mekanis” yang diderita kendaraan itu bulan lalu.

Masalah tersebut terjadi ketika kendaraan yang bertenaga sinar surya itu memasuki status tidur pada waktu malam yang sangat dingin di bulan, yang berlangsung kira-kira 14 hari.

Ada keprihatinan bahwa kerusakan itu berarti "Jade Rabbit" akan lebih rawan terhadap suhu dingin yang ekstrim dan tidak akan pernah dapat "bangun lagi".

Sebelumnya hari Kamis (13/2), kantor berita pemerintah China News Service mengutip para pejabat mengatakan kendaraan penjelajah itu “tidak dapat dipulihkan ke fungsi penuh” sebagaimana diperkirakan sebelumnya.

Kendaraan itu mencapai bulan pertengahan-Desember, pendaratan lembut pertama di bulan sejak tahun 1976.
XS
SM
MD
LG