Tautan-tautan Akses

Rencana IPO Facebook Hampir Matang


CEO Facebook, Mark Zuckerberg, yang baru berusia 27 tahun. Menurut laporan, Facebook bersiap-siap untuk go public tahun depan.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, yang baru berusia 27 tahun. Menurut laporan, Facebook bersiap-siap untuk go public tahun depan.

Sejumlah orang yang mengetahui rencana IPO tersebut mengatakan Facebook akan go public pada kuartal kedua tahun 2012.

Surat kabar The Wall Street Journal melaporkan bahwa Facebook kian dekat pada penawaran saham perdana (IPO), yang dapat menjadikan perusahaan jejaring sosial tersebut bernilai lebih dari 100 miliar dolar.

Surat kabar itu mengungkapkan bahwa sejumlah orang yang mengetahui rencana tersebut mengatakan kepada seorang wartawan pada hari Senin bahwa Facebook akan go public pada kuartal kedua tahun 2012. Sumber tersebut mengatakan Facebook ingin meraup 10 miliar dolar dalam IPO-nya, jauh lebih besar dari IPO berbagai perusahaan teknologi lainnya.

Facebook di masa lalu tidak pernah menyatakan secara jelas mengenai kapan IPO-nya akan dilakukan. Juru bicara perusahaan ini menolak mengomentari laporan terbaru tersebut.

Menurut The Wall Street Journal, Facebook sedang dalam pembahasan dengan Badan Pengawas Bursa Amerika (US Securities and Exchange Commission) mengenai pengajuan IPO secepatnya tahun ini.

Facebook telah menyatakan pihaknya akan jauh melampaui 500 pemegang saham swasta tahun 2011, dan memaksa perusahaan itu berdasarkan UU di Amerika mengajukan laporan keuangan publik selambat-lambatnya bulan April 2012.

Situs jejaring sosial terbesar di dunia ini punya lebih dari 800 juta pengguna. CEO Facebook, berusia 27 tahun, Mark Zuckerberg, mendirikan Facebook di kamar asramanya di Universitas Harvard pada tahun 2004, sebelum putus kuliah dari universitas bergengsi di Amerika tersebut.

XS
SM
MD
LG