Tautan-tautan Akses

Reaksi Warga AS Beragam soal Dakwaan Terbaru terhadap Trump


Kandidat presiden dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, berbicara kepada pendukungnya saat berkunjung ke Iowa State Fair, di Des Moines, 12 Agustus 2023.
Kandidat presiden dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, berbicara kepada pendukungnya saat berkunjung ke Iowa State Fair, di Des Moines, 12 Agustus 2023.

Dakwaan keempat mantan Presiden AS Donald Trump atas dugaan berupaya membatalkan hasil pemilihan presiden 2020 terus memicu reaksi beragam di seluruh negeri. 

Dakwaan dewan juri Georgia sebanyak 41 butir diumumkan Senin malam, sementara pengacara Trump menanggapi dengan menyebut dakwaan itu “tidak diragukan lagi cacat dan tidak konstitusional demikian pula seluruh prosesnya".

Di jalan-jalan Arlington, Virginia, di seberang Sungai Potomac dari ibu kota AS, reaksi beragam terhadap permasalahan hukum Trump yang terbaru ini.

“Saya kira Trump dalam banyak hal tidak baik bagi negara ini, dan saya harap, hukumannya memberi tekanannya cukup besar untuk membuat dirinya gentar mencalonkan diri menjadi presiden atau menjadi presiden lagi. Maksud saya, ia harus dituntut pertanggung jawaban atas tindakannya dan kerusakan yang telah diciptakannya," tukasnya.

Reaksi lainnya disampaikan Jesse Hernandez, “Saya tidak terlalu memperhatikan masalah ini, karena saya punya hal-hal yang lebih penting dalam hidup saya, melebihi dari mantan presiden yang bermasalah di kota-kota dimana saya tidak tinggal, jadi saya benar-benar tidak peduli dengan dia.”

Yaileen Rodriquez meragukan dampak dakwaan ini pada pendukung Tump, "Saya kira orang-orang yang mendukungnya tidak akan menanggapi dengan serius dakwaan-dakwaan itu, saya kira tidak akan berdampak apapun pada kampanyenya atau yang lain-lain, karena orang yang sudah mendukungnya tetap mendukungnya. Dan saya berpikir secara sangat radikal, bahwa mereka hanya ingin melihat aspek-aspek tertentu saja bukan secara keseluruhan".

Dakwaan Terbaru Trump di Georgia Seret 18 Rekannya
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:04 0:00

Sementara warga lainnya Darin Marshal mengatakan, "Penuntut distrik di county Fulton ini memiliki kewenangan yang diperlukan untuk menindak seseorang yang melanggar hukum. Ia akan lolos dari apa yang dilakukannya, semua hal yang diputuskan bersalah, semua yang didakwakan, segala hal yang dituduhkan telah dilakukannya".

Para pemimpin Partai Demokrat menggambarkan dakwaan terbaru Trump, menunjukkan bahwa tidak ada seorang wargapun yang kebal hukum, sementara para tokoh Partai Republik mengatakan dakwaan-dakwaan itu adalah tindakan bermotivasi politik terhadap kandidat utama dalam pemilu 2024.

Trump dan 18 orang lainnya yang disebutkan dalam dakwaan itu memiliki waktu hingga 25 Agustus untuk menyerahkan diri kepada pihak berwenang di Georgia. Penuntut distrik Fulton mendesak agar sidang gabungan dilakukan sekitar enam bulan mendatang, pada saat musim kampanye presiden. [my/jm]

Reaksi Warga AS terhadap Dakwaan Trump Beragam
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:11 0:00

Forum

XS
SM
MD
LG