Tautan-tautan Akses

Rakyat Mesir Pergi ke TPS untuk Pilih Presiden


Mantan panglima militer Mesir Abdel-Fattah el-Sissi (Foto: dok).
Mantan panglima militer Mesir Abdel-Fattah el-Sissi (Foto: dok).

Mantan panglima militer Mesir Abdel-Fattah el-Sissi, yang menggulingkan presiden Islamis terpilih Mohamed Morsi, diperkirakan luas akan menang dalam Pilpres.

Mantan panglima militer Mesir Abdel-Fattah el-Sissi, yang menggulingkan presiden Islamis terpilih Mohamed Morsi, diperkirakan luas akan menang. Saingan satu-satunya Sissi adalah Hamdeen Sabahi, seorang politisi kiri yang meraih posisi ke-3 dalam pemilihan presiden tahun 2012 yang membawa Morsi ke puncak kekuasaan.

Sissi memberikan suaranya hari Senin di Kairo dan mengatakan, ia berharap akan banyak pemilih memberikan suara mereka dalam pemilu atau referendum ketujuh Mesir sejak 2011 itu. Ia menyerukan agar rakyat Mesir memberikan suara mereka dan menuliskan sejarah dan masa depan mereka sendiri.

Pemilihan dua hari itu berlangsung setelah kerusuhan politik selama lebih tiga tahun dimana dua presiden terguling menyusul protes massal, ribuan orang tewas dalam bentrokan dan serangan militer, serta ekonomi berantakan.

Sissi mengatakan, jika ia memenangkan pemilihan itu, Ikhwanul Muslimin pimpinan Morsi tidak akan mempunyai masa depan di Mesir. Ikhwanul adalah kekuatan politik yang paling besar sampai Sissi dan militer Mesir menggulingkan Morsi dari kekuasaan tahun lalu.

Sissi pensiun dari militer bulan Maret lalu untuk memulai pencalonan dirinya.

Sebelum Morsi, semua presiden Mesir datang dari kalangan militer. Tetapi Sissi mengatakan tentara “tidak akan berperan dalam pemerintahan Mesir.”
XS
SM
MD
LG