Tautan-tautan Akses

Produksi Industri Jepang Pulih Bulan Desember


Produksi pabrik di Jepang mulai pulih setelah bencana gempa dan tsunami (foto: dok).

Produksi pabrik di Jepang mulai pulih setelah bencana gempa dan tsunami (foto: dok).

Data yang dikeluarkan hari Selasa menunjukkan produksi pabrik bulan Desember meningkat 4 persen dari produksi bulan November.

Produksi industri Jepang pulih kembali dengan laju yang lebih besar dari perkiraan semula bulan Desember, sementara pabrik-pabrik menutupi kekurangan produksi karena banjir besar di Thailand dengan meningkatkan produksi di Jepang.

Data pemerintah yang dikeluarkan hari Selasa menunjukkan produksi pabrik meningkat 4 persen dari bulan November, ketika produksi terpukul karena pemasokan terhenti oleh banjir paling buruk dalam 70 tahun di Thailand.

Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Jepang mengatakan pemulihan itu dimotori oleh peningkatan produksi dalam industri mobil dan komponen elektronik.

Pabrik-pabrik yang disurvei memperkirakan bahwa produksi industri akan terus pulih. Mereka memperkirakan peningkatan 2,5 persen bulan Januari dan 1,2 persen bulan Februari.

Beberapa analis memperingatkan bahwa data yang menggembirakan itu mungkin hanya mencerminkan pemulihan sementara, dan bahwa ekspor Jepang akan terus menderita akibat mata uang Yen yang kuat dan permintaan dari luar negeri yang lemah.

XS
SM
MD
LG