Tautan-tautan Akses

Presiden Mesir Morsi Ampuni Tahanan Politik


Presiden Mesir, Mohammad Morsi memberi pengampunan kepada para tahanan politik yang terlibat dalam penggulingan Hosni Mubarak (Foto: dok).

Presiden Mesir, Mohammad Morsi memberi pengampunan kepada para tahanan politik yang terlibat dalam penggulingan Hosni Mubarak (Foto: dok).

Presiden Mesir Mohammad Morsi, mengeluarkan dekrit pengampunan bagi warga Mesir yang dinyatakan bersalah dalam penggulingan Hosni Mubarak, Senin (8/10).

Dalam dekrit yang dimuat dalam halaman Facebooknya Senin malam, Presiden Mesir Mohammad Morsi mengeluarkan dekrit pengampunan bagi warga Mesir yang ditahan atau dinyatakan bersalah atas tindakan yang terkait dengan revolusi tahun 2011 yang menggulingkan pendahulunya yang lama berkuasa, Hosni Mubarak.

Morsi mengatakan pengampunan itu mencakup kejahatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendukung revolusi dari tanggal 25 Januari tahun 2011, saat dimulainya pergolakan hingga 30 Juni tahun 2012, ketika ia memangku jabatan presiden.

Morsi mengatakan warga Mesir yang menghadapi peradilan dan orang-orang yang sedang menjalani hukuman penjara karena kejahatan demikian akan layak dibebaskan. Ia mengatakan amnesti itu tidak mencakup warga yang dikenakan tuduhan atau didapati bersalah melakukan pembunuhan.

Dekrit presiden tersebut mengatakan jaksa agung Mesir dan oditur militer diberi waktu satu bulan untuk menyusun dan menerbitkan daftar orang yang memenuhi syarat untuk amnesti.

Namun, Morsi tidak mengatakan berapa banyak orang akan diampuni atau kapan mereka akan dibebaskan. Morsi juga tidak membuat definisi pelanggaran tertentu yang akan diampuni.
XS
SM
MD
LG