Tautan-tautan Akses

Presiden Iran Sampaikan Selamat Tahun Baru bagi Warga Yahudi


Presiden Iran Hassan Rouhani (Foto: dok).

Presiden Iran Hassan Rouhani (Foto: dok).

Presiden Iran Hassan Rouhani mengucapkan ucapan selamat tahun baru "Rosh Hashana" kepada warga Yahudi.

Senin pagi (14/9), Rouhani menuliskan pesan melalui akun Twitternya, "Semoga kebersamaan akar dari (nabi) Ibrahim dapat memperdalam rasa hormat, membawa perdamaian dan saling pengertian. L'SháNah Tovah."

Ucapan selamat tersebut tidak muncul dalam akun Rouhani versi bahasa Farsi, menunjukkan bahwa presiden Iran ini menargetkan pesan tersebut terhadap masyarakat internasional pada saat kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara kuat dunia menghadapi ratifikasi di tengah-tengah oposisi Israel yang kuat.

Rouhani mengirimkan ucapan selamat tahun baru "Rosh Hashana" melalui Twitter pada tahun 2013, tak lama setelah ia menjabat. Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif telah mengirimkan pesan yang sama melalui Twitter dalam beberapa tahun terakhir.

Komunitas Yahudi telah berada di Iran sejak hampir 3.000 tahun. Banyak orang Yahudi Iran melarikan diri setelah Revolusi Islam tahun 1979, namun diperkirakan 20.000 kelahiran asli Yahudi tetap di Iran.

Ketegangan dengan Iran Yahudi tumbuh di bawah mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad, yang berulang kali menyebut Holocaust "sebuah mitos" dan bahkan mensponsori sebuah konferensi internasional di tahun 2006 untuk memperdebatkan apakah Holocaust pernah benar-benar terjadi. Wakil Presiden Mohammad Reza Rahimi pernah menuduh warga Yahudi sebagai para pengedar narkoba.

Sejak Rouhani menjabat, pemerintah setuju untuk mengijinkan sekolah Yahudi ditutup pada hari Sabtu untuk menandai hari Shabbat (hari istirahat bagi warga Yahudi). Rouhani juga mengalokasikan sekitar $ 400.000 untuk sebuah rumah sakit amal Yahudi di Teheran dan hanya mengundang anggota parlemen Yahudi di negara itu untuk menemaninya ke Majelis Umum PBB di New York pada tahun 2013.

Namun Iran belum mengakui Israel dan mendukung kelompok militan anti-Israel seperti Hamas dan Hizbullah.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG