Tautan-tautan Akses

AS

Polisi Masih Selidiki Motif Penembakan di Mall Burlington


Tersangka pelaku penembakan di mall Cascade, Arcan Cetin (kiri) ditangkap hari Sabtu (24/9) dan ditahan tanpa uang jaminan.

Tersangka pelaku penembakan di mall Cascade, Arcan Cetin (kiri) ditangkap hari Sabtu (24/9) dan ditahan tanpa uang jaminan.

Tersangka penembakan membabibuta di sebuah pusat perbelanjaan AS di kota Burlington, bagian barat laut negara bagian Washington, ditangkap hari Sabtu (24/9) dan ditahan tanpa uang jaminan.

Menurut dokumen penjara, Arcan Cetin tersangka berusia 20 tahun itu menghadapi lima tuntutan pembunuhan berencana.

Warga Oak Harbor, Washington itu ditangkap hampir 24 jam setelah operasi pencarian besar-besaran. Cetin, seorang imigran Turki, sempat salah diidentifikasi sebagai laki-laki Hispanik, pasca penembakan di pusat perbelanjaan Cascade di Burlington, Washington, hari Jumat (23/9).

Petugas patrol negara bagian Washington Mark Francis – dalam konferensi pers hari Minggu (25/9) mengatakan selain menyelidiki kawasan Oak Harbor yang menjadi kediaman Cetin, tim penyelidik juga mencari kendaraan yang mungkin mengungkap motif penembakan tersebut.

Beberapa pejabat mengatakan Cetin ditangkap ketika berjalan di dekat rumahnya di Oak Harbor, Washington, oleh seorang sherrif yang mendapat petunjuk bahwa Cetin sedang berada di daerah itu.

Ketika dihadang polisi, Cetin tidak lari, ujar Letnan Mike Hawley – pejabat kantor Sherrif Island County. Cetin justru mengikuti perintah. Ia juga tidak bersenjata ketika ditangkap.

Cetin dijadwalkan hadir di sidang pengadilan hari Senin (26/9).

Cetin menembak mati empat perempuan dan seorang laki-laki di toko Macy’s di Cascade Mall, Burlington, yang terletak sekitar 100 kilometer utara Seattle. Keempat perempuan itu tewas di lokasi kejadian, sementara korban laki-laki meninggal di rumah sakit.

Beberapa saksi mata penembakan membabibuta itu mengatakan orang-orang lari lintang pukang setelah terdengar letusan senjata api. Dalam beberapa jam polisi sudah mengepung kawasan itu dan menyisir pusat perbelanjaan tersebut. Operasi pencarian besar-besaran pun dilakukan.

Cascade Mall adalah sebuah pusat perbelajaan dimana terdapat sejumlah toko, restoran dan bioskop. [em]

XS
SM
MD
LG