Tautan-tautan Akses

Polisi Israel Tewaskan 3 Penyerang Palestina 


Pasukan Israel menjaga ketat permukiman Yahudi Gush di Tepi Barat (foto: dok).

Pasukan Israel menjaga ketat permukiman Yahudi Gush di Tepi Barat (foto: dok).

Tentara Israel menembak mati tiga warga Palestina yang berusaha menikam mereka di luar sebuah permukiman Yahudi dekat Jerusalem hari Kamis (7/1).

Permukiman Yahudi "Gush Etzion" telah menjadi salah satu sasaran utama kemarahan Palestina dalam gelombang terbaru kekerasan Israel-Palestina, yang sekarang dalam bulan ke-empat.

Tindak kekerasan yang terus berlangsung itu dipicu oleh desas-desus bahwa Israel berencana akan mengambil alih tempat suci Yerusalem timur, yang dianggap suci oleh warga Yahudi maupun Muslim.

Kerusuhan itu telah menewaskan 22 warga Israel, bersama seorang warga Amerika dan Eritrea. Sedikitnya 135 warga Palestina telah tewas dalam bentrokan-bentrokan dengan pasukan Israel atau ditembak mati ketika berusaha menikam polisi, tentara dan warga sipil.

Juga hari Kamis, pasukan keamanan Israel mengumumkan bahwa bulan lalu, mereka menangkap 6 teroris Hamas yang berencana akan menculik dan membunuh seorang warga Israel.

Para pejabat mengatakan, kelompok teror Hamas berencana akan menggunakan sandera Israel sebagai sarana perundingan tawar- menawar bagi pembebasan para tahanan Palestina. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG