Tautan-tautan Akses

PM Kenya Kecam Kenaikan Gaji Anggota Parlemen


Perdana Menteri Kenya Raila Odinga berbicara pada konferensi pers, sesaat setelah keluar dari rumah sakit.

Perdana Menteri Kenya Raila Odinga berbicara pada konferensi pers, sesaat setelah keluar dari rumah sakit.

Raila Odinga menentang langkah anggota parlemen yang menaikkan gaji mereka, di saat ekonomi di Kenya masih sulit.

Hanya beberapa jam setelah keluar dari rumah sakit untuk menjalani perawatan otak, Perdana Menteri Kenya Raila Odinga mengecam tindakan anggota parlemen yang menyetujui kenaikan gaji bagi diri mereka sendiri.

Odinga menjalani operasi untuk mengeluarkan cairan yang menekan otaknya, dan ia berbicara pada konferensi pers pertamanya sejak keluar dari Rumah Sakit Nairobi hari Minggu. PM Odinga mengatakan dirinya sungguh-sungguh menentang gagasan anggota parlemen untuk menaikkan gaji mereka dengan cara yang menurut Odinga, "sewenang-wenang," di saat perekonomian Kenya masih mengalami periode yang sangat sulit.

Surat kabar The Daily Nation di Kenya, pada hari Minggu melaporkan Presiden Kenya Mwai Kibaki akan memimpin rapat kabinet khusus pada hari Selasa untuk membicarakan kenaikan gaji yang diusulkan itu, yang kemungkinan akan ia tolak. Pekan lalu, anggota parlemen dengan suara bulat menyetujui mosi kenaikan gaji sendiri hampir 13.500 dolar, naik dari sekitar 10.500. PDB per kapita di Kenya sendiri hanyalah 783 dolar per tahun.

XS
SM
MD
LG