Tautan-tautan Akses

PM Israel Dukung Permukiman di Tepi Barat


PM Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat kabinet di Yerusalem hari Minggu (24/1).
PM Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat kabinet di Yerusalem hari Minggu (24/1).

PM Israel Benjamin Netanyahu hari Minggu (24/1) menyampaikan dukungan kuat bagi permukiman Yahudi di kawasan pendudukan Tepi Barat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hari Minggu (24/1) menyampaikan dukungan kuat bagi permukiman Yahudi di kawasan pendudukan Tepi Barat, di tengah meningkatnya tekanan dari anggota-anggota koalisi garis keras atas insiden di lokasi permukiman di Hebron.

“Pemerintah mendukung permukiman Yahudi kapan pun juga, terutama saat ini ketika terjadi serangan teroris, dan pemerintah mengambil sikap berani dalam menghadapi serangan teroris”, ujar Netanyahu ketika memulai rapat kabinet.

Tentara Israel hari Jumat (22/1) mengusir puluhan pemukim dari dua gedung di Hebron yang dimasuki para pemukim beberapa hari sebelumnya, dengan mengatakan mereka telah membeli kedua gedung itu dari orang-orang Palestina.

Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon – yang memberi wewenang atas pengusiran itu – mengatakan para pemukim tidak berhak memasuki kedua gedung itu dan berada di sana secara tidak sah.

"Israel akan mengijinkan para pemukim kembali begitu dokumen mereka selesai," ujar Netanyahu.

Hebron adalah lokasi peka dalam konflik Israel-Palestina, di mana ratusan pemukim Yahudi tinggal di pusat kota dan dijaga ketat oleh militer, di tengah sekitar 200 ribu warga Palestina.

Netanyahu memimpin koalisi dengan selisih hanya satu kursi di parlemen, menjadikannya sangat rentan terhadap tuntutan kelompok nasionalis-keagamaan dalam kabinetnya terkait permukiman, yang ditentang sebagian besar masyarakat internasional. [em]

XS
SM
MD
LG