Tautan-tautan Akses

Pesawat Tak Berawak Tewaskan Pemimpin al-Shabab di Somalia


Tersangka militan al-Shabab ditangkap di Mogadishu, Somalia, Desember 2014. (AP/Farah Abdi Warsameh)

Tersangka militan al-Shabab ditangkap di Mogadishu, Somalia, Desember 2014. (AP/Farah Abdi Warsameh)

Yusuf Dheeg adalah kepala operasi luar al-Shabab, yang bertanggung jawab atas perencanaan serangan di dalam dan luar Somalia.

Departemen Pertahanan Amerika telah mengukuhkan bahwa pihaknya telah menewaskan seorang pemimpin senior militan al-Shabab, Yusuf Dheeg, dan salah seorang rekannya dalam serangan pesawat tak berawak 31 Januari.

Kematian Dheeg telah dilaporkan kepada VOA oleh kelompok militan itu dan pemerintah Somalia, yang mengatakan militan tersebut adalah kepala operasi luar al-Shabab, yang bertanggung jawab atas perencanaan serangan di dalam dan luar Somalia.

Seorang pejabat Pentagon pada Selasa (10/2) mengukuhkan serangan udara itu kepada para wartawan.

Serangan al-Shabab di luar Somalia mencakup serangan 2013 di Nairobi, Wesgate Mall Kenya, tempat lebih dari 60 orang sipil tewas, dan pemboman 2010 di ibukota Uganda, Kampala, yang menewaskan lebih dari 70 orang.

Amerika telah menjadikan para pemimpin al-Shabab sebagai sasaran dalam beberapa serangan udara. Desember lalu, Departemen Pertahanan Amerika mengukuhkan bahwa serangan udara Amerika menewaskan kepala intelijens kelompok itu, Tahil Abdishakur.

Pemimpin tertinggi al-Shabab, Ahmed Abdi Godane, tewas dalam serangan udara Amerika 1 September.

XS
SM
MD
LG