Tautan-tautan Akses

Pesawat NASA Temui Komet pada Hari Valentine


Pesawat Stardust-NexT.

Pesawat Stardust-NexT.

NASA mengumumkan hari Rabu pesawat Stardust-NexT akan bersimpangan jalan dengan Tempel 1 pada malam tanggal 14 Februari.

Badan Antariksa Amerika, NASA, mengatakan mereka sedang merencanakan pertemuan pada hari Valentine antara pesawat antariksa dan sebuah komet.

NASA mengumumkan hari Rabu pesawat Stardust-NexT akan bersimpangan jalan dengan Tempel 1 pada malam tanggal 14 Februari.

Ini akan menjadi pertemuan kedua NASA dengan komet itu. Enam tahun lalu, pesawat antariksa Deep Impact mengambil foto-foto dan menjatuhkan alat peneliti ke komet itu untuk mengumpul debu yang beterbangan akibat benturan itu.

Sejak itu, komet tersebut telah melakukan satu orbit penuh mengitari matahari. NASA mengatakan Stardust-NexT akan mengambil 72 foto baru Tempel 1 untuk membantu menentukan perubahan apa dan dimana sementara komet itu mengarungi tata-surya.

Penyelidik utama misi itu mengatakan foto-foto tersebut akan memberi “pemahaman baru” mengenai pertanyaan mendasar tentang bagaimana komet bekerja.

Perjalanan sudah berlangsung empat setengah tahun bagi Stardust Next untuk sampai ke komet tersebut. NASA mengatakan ini kemungkinan besar akan menjadi yang terakhir bagi pesawat antariksa itu, yang, setelah menempuh hampir 3,7 milyar mil di antariksa sejak peluncuran awal tahun 1999, sudah hampir kehabisan bahan bakar.

XS
SM
MD
LG