Tautan-tautan Akses

Penyerang Bom Bunuh Diri Afghanistan Cederai Anggota DPR


Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi ledakan bom bunuh diri di Kabul, Afghanistan, 16 November 2014.

Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi ledakan bom bunuh diri di Kabul, Afghanistan, 16 November 2014.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Sediq Sediqqi mengatakan penyerang bom bunuh diri, yang hendak membunuh Shukria Barakzai, perempuan anggota DPR terkemuka, hari Minggu (16/11) menewaskan tiga orang dan melukai anggota DPR itu.

Barakzai luka ringan dalam serangan terhadap kendaraannya ketika menuju ke parlemen. Tiga lainnya, termasuk seorang anak perempuan, tewas. Sebelumnya, wakil juru bicara kementerian itu Najib Denmark mengatakan setidaknya belasan lainnya luka-luka.

Sediqqi mengatakan penyerang itu berada dalam mobil yang berusaha menabrak kendaraan Barakzai. Penyerang kemudian meledakkan bom, menyebabkan ledakan besar yang terdengar di seluruh ibu kota. Menteri Dalam Negeri Mohammad Umar Daudzai, kata Sediqqi, membezuk Barakzai di rumah sakit, dan bahwa sopir Barakzai juga luka-luka dan dirawat di rumah sakit.

Barakzai, 42, adalah tokoh pendukung hak-hak perempuan dan kebebasan media. Ia telah menjadi anggota DPR selama 10 tahun dan karyanya telah diakui secara internasional dengan sejumlah penghargaan.

Afghanistan didera pemberontakan berkelanjutan yang dipimpin Taliban, yang pekan lalu melakukan upaya pembunuhan serupa terhadap kepala polisi Kabul Jenderal Mohammad Zahir Zahir.

XS
SM
MD
LG