Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon: AS Pertimbangkan Perlambat Penarikan Militer dari Afghanistan


Menteri Pertahanan AS Ash Carter, kiri, mendengarkan pidato Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dalam konferensi pers di Istana Presiden di Kabul, 21 Februari 2015.

Menteri Pertahanan AS Ash Carter, kiri, mendengarkan pidato Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dalam konferensi pers di Istana Presiden di Kabul, 21 Februari 2015.

Amerika mempertimbangkan untuk memperlambat penarikan militernya dari Afghanistan, dengan menghadirkan pasukan yang lebih besar tahun ini dan berikutnya.

Menteri Pertahanan Amerika, Ash Carter mengatakan pada hari Sabtu (21/2) pertimbangan untuk memperlambat penarikan militer dari Afghanistan diambil karena pemerintahan baru Afganistan membuktikan sebagai mitra yang lebih terpercaya.

Kunjungan tersebut adalah kunjungan pertama Carter ke luar negeri, sejak ia menjabat sebagai Menhan di Pentagon.

Carter mengatakan, pemerintahan Obama "memikirkan kembali" misi kontra terorisme di Afghanistan, meskipun ia tidak merincikan.

Belum ada keputusan pasti, tetapi Presiden Barack Obama akan membicarakan sejumlah pilihan untuk memperlambat penarikan militer Amerika, ketika presiden Afganistan, Ashraf Ghani mengunjungi Gedung Putih bulan depan, kata Carter pada konferensi pers dengan Ghani. Presiden kedua negara juga berencana membicarakan tentang masa depan perjuangan kontra terorisme di Afghanistan, tambahnya.

Carter tidak mengatakan Obama mempertimbangkan pasukan Amerika tetap berada di Afganistan setelah tahun 2016, tetapi hanya mengatakan bahwa presiden memikirkan kembali langkah penarikan pasukan untuk tahun 2015 dan 2016.

XS
SM
MD
LG