Tautan-tautan Akses

AS

Penjara di AS Mungkin Jadi Tempat Penampungan Tahanan Guantanamo


Kamp tahanan AS di Guantanamo, Kuba (foto: dok).

Kamp tahanan AS di Guantanamo, Kuba (foto: dok).

Pejabat AS mempelajari kemungkinan fasilitas penjara di South Carolina sebagai salah satu tempat penampungan bagi tahanan di Guantanamo, Kuba.

Pejabat-pejabat pertahanan Amerika sedang mempelajari fasilitas penjara di South Carolina sebagai salah satu tempat yang mungkin akan digunakan untuk memenjara tahanan yang kini berada di Guantanamo, Kuba.

Juru bicara Pentagon Komandan Gary Ross hari Rabu (2/9) menyatakan tim survei telah memulai kunjungan selama dua hari ke Naval Consolidated Brig di Charleston – South Carolina. Ditambahkannya beberapa fasilitas lain yang mungkin digunakan sebagai tempat dipindahkannya para tahanan Guantanamo ke Amerika juga sedang diperiksa.

VOA awal bulan ini melaporkan tim survei pertahanan itu telah mengunjungi sebuah fasilitas federal di Leavenworth – Kansas. Beberapa lokasi lain yang mungkin digunakan belum diumumkan.

“Survei ke tempat-tempat ini perlu dilakukan untuk menentukan kemungkinan lokasi menampung individu dalam jumlah terbatas di Amerika dan menilai biaya yang diperlukan untuk melakukan hal tersebut,” ujar Ross.

Pada masa jabatan pertama Januari 2009, Presiden Barack Obama mengatakan akan menutup pusat tahanan Teluk Guantanamo yang didirikan setelah terjadinya serangan teroris bulan September 2001 dan invasi Amerika ke Afghanistan. Meskipun banyak tahanan Guantanamo telah dipindahkan ke negara-negara lain dalam beberapa tahun ini, masih ada 116 tahanan di fasilitas itu.

Penutupan Guantanamo merupakan salah satu prioritas pemerintahan Obama selama sisa masa jabatan 16 bulan. Tetapi meskipun sebagian besar tahanan yang masih berada di Guantanamo dipindahkan ke negara asal mereka atau wilayah lain bersedia menerima mereka, pejabat-pejabat pertahanan Amerika memperkirakan masih belum bisa memindahkan sekitar 50 tahanan lagi, sehingga masih mempertimbangkan beberapa lokasi di wilayah Amerika .

Memindahkan terhukum atau tersangka teroris ke Amerika merupakan isu kontroversial di dalam negeri dan rencana pemerintah Obama itu ditentang oleh sebagian anggota Kongres – baik dari faksi Republik maupun Demokrat.

Menteri Pertahanan Ashton Carter pekan ini mengisyaratkan bahwa penjara militer di Pangkalan Angkatan Laut di Teluk Guantanamo mungkin akan tetap buka. Berbicara di hadapan beberapa pejabat militer Amerika hari Selasa (1/9), Carter mengatakan “jika mereka ditahan di Teluk Guantanamo tidak apa-apa, tetapi saya menilai akan lebih baik jika ditemukan tempat lain bagi mereka”.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG