Tautan-tautan Akses

Pemulihan Ekonomi di Zona Euro Masih Lemah


Kepala perusahaan energi raksasa Perancis, Total, Christophe de Margerie dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss (Foto: dok).

Kepala perusahaan energi raksasa Perancis, Total, Christophe de Margerie dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss (Foto: dok).

Para pemimpin bisnis dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss mengatakan pertumbuhan usaha macet dan pengangguran di wilayah Eropa, khususnya di kalangan anak-anak muda masih terlalu tinggi..

Para pemimpin perusahaan-perusahaan terkemuka memperingatkan bahwa pemulihan ekonomi Eropa masih lemah, dan salah seorang pimpinan perusahaan mengatakan seluruh Eropa seharusnya disebut “negara yang baru bangkit”.

Dalam serangkaian pidato pada Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss para pemimpin bisnis mengatakan pengangguran di wilayah Eropa, khususnya dikalangan anak-anak muda masih terlampau tinggi dan pertumbuhan usaha macet.

Kepala perusahaan energi raksasa Perancis, Total, Christophe de Margerie, mengatakan dalam pertemuan perusahaan-perusahaan besar dan pakar ekonomi itu bahwa mereka seharusnya tidak menganggap komentarnya “provokatif” tapi ia menganggap Eropa “seharusnya diklasifikasikan sebagai negara yang baru bangkit”.

Pimpinan grup bank Swiss UBS, Axel Weber mengatakan “tidak ada alasan untuk senang” mengenai pemulihan di blok beranggotakan 18 negara Eropa itu. Katanya pemilihan umum di Eropa mendatang bisa menunjukkan peningkatan keresahan diantara pemilih dan sebagian bank mungkin tidak bisa bertahan.

Zona mata uang euro bangkit dari resesi yang berlangsung 18 bulan tahun lalu. Tapi ekonominya, yang secara keseluruhan terbesar di dunia, sejak itu hampir tidak mengalami kemajuan.
XS
SM
MD
LG