Tautan-tautan Akses

Pemerintah Sementara Kyrgyztan Perintahkan Penangkapan Presiden Bakiyev


Kepala pemerintahan sementara Roza Otunbayeva mengatakan, Presiden Bakiyev harus ditangkap dan tindak-tanduknya selama berkuasa diselidiki.

Pemerintah sementara Kyrgyztan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan atas Presiden Kurmanbek Bakiyev yang melarikan diri dari ibukota tapi tidak mau menyerahkan kekuasaan.

Kepala pemerintahan sementara itu, Roza Otunbayeva mengatakan hari Minggu bahwa Bakiyev harus ditangkap dan tindak-tanduknya selama berkuasa diselidiki. Ia sebelumnya menawarkan keselamatan perjalanan ke pengasingan di luar negeri kalau Bakiyev bersedia mundur.

Namun Bakiyev mengatakan, ia tidak melakukan kesalahan apa pun. Ketika berbicara dari Kyrgyztan Selatan, ke mana ia melarikan diri setelah bentrokan di ibukota yang mengakibatkan 80 orang tewas, Presiden Bakiyev mengatakan ia bersedia berunding dengan pemerintah yang disebutnya tidak sah, untuk mencegah supaya negeri itu tidak terjerumus kedalam kekacauan.

Kurmanbek Bakiyev sebelumnya minta supaya PBB mengirim pasukan penjaga keamanan ke negara itu untuk mencegah kekacauan dan pemberontakan berdarah.

XS
SM
MD
LG