Tautan-tautan Akses

Pembom Bunuh Diri di Irak, 17 Tewas


Warga sipil memeriksa lokasi ledakan bom di sebuah pasar di daerah Nahrawan, Irak (30/4).

Warga sipil memeriksa lokasi ledakan bom di sebuah pasar di daerah Nahrawan, Irak (30/4).

Para pejabat kepolisian dekat tempat kejadian mengatakan serangan bom itu diarahkan terhadap peziarah yang sedang berjalan menuju tempat suci Kadhimiyah, Baghdad.

Seorang pembom bunuh diri yang mengemudi mobil dekat sekelompok peziarah Muslim Shiah dekat Baghdad meledakkan mobilnya, Sabtu (30/4) dalam serangan yang menewaskan sedikitnya 17 orang dan melukai hampir 40 lainnya, menurut polisi.

Para pejabat kepolisian dekat tempat kejadian mengatakan serangan bom itu diarahkan terhadap peziarah yang sedang berjalan menuju tempat suci Kadhimiyah, Baghdad, tetapi pejabat lainnya mengatakan sasaran pembom tersebut adalah pasar udara-terbuka di dekatnya. Belum jelas yang mana dari kedua laporan itu benar.

Belum ada yang mengaku bartanggung jawab atas pemboman itu, tetapi ISIS telah mengaku bertanggung jawab atas serangan serupa pada waktu lalu yang menyerang peziarah Shiah dekat Baghdad.

Setiap tahun tempat suci itu memperingati Imam Moussa al-Kadhim abad ke-8, yang ke-7 dari 12 imam yang dihormati dalam Islam Shiah. Dalam beberapa tahun ini, peringatan itu mendatangkan ribuan orang peziarah ke ibukota Irak itu.

Peziarah tahun lalu juga dicemari oleh serangan teroris, yang menewaskan sedikitnya 13 orang.

Dalam satu bulan ini, lebih dari 40 orang sipil telah tewas dalam pemboman di seluruh Baghdad. [gp]

XS
SM
MD
LG