Tautan-tautan Akses

Pemberontak Suriah Rebut Akademi Kepolisian Dekat Aleppo


Tentara pemberontak Suriah menduduki akademi kepolisian di luar kota Aleppo (4/3).

Tentara pemberontak Suriah menduduki akademi kepolisian di luar kota Aleppo (4/3).

Kelompok pemantau berbasis di Inggris mengatakan, pemberontak Suriah telah menguasai sebuah akademi polisi di luar kota Aleppo setelah pertempuran selama seminggu.

Video amatir yang diperoleh dari sebuah media sosial internet menunjukkan pemberontak menyerbu akademi polisi di Khan al-Asal, yang digunakan oleh pasukan Presiden Bashar al-Assad sebagai basis artileri.

Menurut Syrian Observatory for Human Rights, setidaknya 120 tentara pemerintah dan 80 pemberontak tewas dalam pertempuran itu.

Pemimpin oposisi Suriah Moaz al-Khatib mengunjungi wilayah yang dikuasai pemberontak di utara Suriah pada hari Minggu dalam perjalanan dimaksudkan untuk memperkuat hubungan antara koalisi oposisi utama dan pemberontak di dalam negeri. Khatib, yang melarikan diri dari Suriah tahun lalu, menyeberangi perbatasan dari Turki dan melawat dua kota di provinsi Aleppo.

Sementara itu, dalam wawancara dengan koran Inggris Sunday Times, Assad mengecam AS dan Inggris karena mengirimkan bantuan keuangan dan bantuan lain untuk oposisi.

Presiden Suriah itu menegaskan dirinya tidak akan mundur dan menetapkan persyaratan yang sulit untuk berbicara dengan pemberontak bersenjata yang bersekutu melawannya.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry bertemu dengan para pemimpin pemberontak Suriah Kamis lalu di Italia, di mana ia mengumumkan bahwa Washington akan untuk pertama kalinya memberikan bantuan non-senjata langsung kepada para pejuang selain bantuan 60 juta dolar kepada oposisi politik Suriah.
XS
SM
MD
LG