Tautan-tautan Akses

Pemberontak Houthi Yaman Tolak Kabinet Baru Presiden


Pendukung Presiden Yaman tersingkir, Ali Abdullah Saleh membawa poster fotonya dalam sebuah demonstrasi di Sanaa, 7 November 2014.

Pendukung Presiden Yaman tersingkir, Ali Abdullah Saleh membawa poster fotonya dalam sebuah demonstrasi di Sanaa, 7 November 2014.

Para pemberontak Syiah Yaman telah menolak kabinet baru yang disusun Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi, menimbulkan keraguan mengenai peluang mengakhiri kekacauan politik negara itu.

Para pemberontak yang dikenal sebagai Houthi itu mengatakan, pilihan Hadi untuk anggota kabinet melanggar kesepakatan yang ditandatangani September dan menempatkan kepentingan pribadi di atas proses politik.

Mereka menyerukan perombakan segera, namun tidak mengatakan apa yang akan dilakukan seandainya presiden menolak tuntutan mereka.

Juga hari Sabtu (8/11), partai berkuasa di Yaman, Kongres Umum Rakyat, menyingkirkan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi dari jajaran kepemimpinan partai itu. Partai tersebut tidak memberi alasan mengapa mengambil tindakan itu.

Kongres Umum Rakyat terpecah antara pendukung Presiden Hadi dan mantan presiden Ali Abdullah Saleh.

Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi kepada Saleh dan dua pemimpin Houthi, Jumat, dengan tuduhan mengganggu usaha Presiden Hadi untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas negara itu.

XS
SM
MD
LG