Tautan-tautan Akses

Pemberontak dan Tentara Suriah Perebutkan Pangkalan Udara


Pemberontak Suriah terlibat bentrokan dengan pasukan pemerintah di kota Aleppo, Suriah utara (11/10).

Pemberontak Suriah terlibat bentrokan dengan pasukan pemerintah di kota Aleppo, Suriah utara (11/10).

Pemberontak Suriah bentrok dengan pasukan pemerintah untuk menguasai pangkalan Pertahanan Udara di dekat Aleppo, kota yang terpadat penduduknya di negara itu.

Para aktivis mengatakan, pemberontak menyerang pangkalan Angkatan Udara itu hari Jumat di luar kota Aleppo, tetapi laporan-laporan saling bertentangan mengenai apakah pemberontak telah menguasai atau belum pangkalan tersebut.

Pertempuran berlanjut di beberapa daerah di Suriah. LSM pihak oposisi Observatory for Human Right Suriah, yang berbasis di Inggris menyatakan, enam pemberontak tewas dalam serangan terhadap pos militer di provinsi Dara’a yang menewaskan 14 tentara.

Kelompok itu menyatakan pemboman dari udara dan pertempuran hebat terjadi di provinsi Idlib, Deir Ezzor dan Aleppo.

Para aktivis mengatakan, 260 orang Suriah tewas dalam pertempuran hari Kamis, termasuk 86 warga sipil, 60 tentara pemberontak, 13 tentara yang membelot dan 92 tentara pemerintah.

Pemerintah belum memberi komentar mengenai laporan tersebut dan Suriah tidak mengizinkan wartawan asing meliput secara bebas di negara itu.

Video dari Aleppo yang dipasang di Internet menunjukkan kawan-kawan dan para anggota keluarga berkabung sementara penduduk terus menyelamatkan diri dari penembakan-penembakan mortir . Seorang dokter di rumah sakit setempat mengatakan fasilitasnya merawat 10 sampai 15 anak yang cedera setiap hari, dan banyak diantara mereka umumnya meninggal akibat luka-luka mereka.

Sementara itu, utusan khusus PBB untuk Suriah, Lakhdar Brahimi telah berbicara dengan Raja Arab Saudi Abdullah, tentang krisis tersebut hari Jumat. Dalam pertemuan di Jeddah , keduanya sependapat mengenai perlunya menghentikan pertumpahan darah dan membantu jutaan warga Suriah yang terkena dampak tindak kekerasan di negara itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG