Tautan-tautan Akses

Menlu Spanyol: Pembebasan Tahanan Perbaiki Hubungan Kuba dengan AS, UE


Miguel Angel Moratinos memberitahu parlemen bahwa membebaskan para tahan politik itu akan memberikan konsekuensi politik.

MenLu Spanyol mengatakan, Kuba akan dapat memperbaiki hubungan negara itu dengan Uni Eropa dan AS apabila negara itu membebaskan semua tahanan politiknya.

Miguel Angel Moratinos memberitahu parlemen Rabu ini bahwa membebaskan para tahan politik itu akan memberikan "konsekuensi politik," termasuk kemungkinan dicabutnya embargo AS terhadap Kuba yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Presiden AS Barack Obama telah menyatakan bahwa dia ingin memperbaiki hubungan dengan Kuba, dan bahwasanya pemerintahannya telah memperlonggar kunjungan ke Kuba.

Selain itu, pembatasan pengiriman uang terhadap warga Amerika Kuba kepada sanak-saudara mereka di pulau itu telah dipermudah.

Tetapi Obama mengemukakan, embargo tetap akan diberlakukan sampai Havana mengambil langkah-langkah menuju reformasi demokratik. Kuba setuju membebaskan 52 tahanan politik dalam sebuah kesepakatan yang melibatkan Madrid dan Gereja Katolik Roma.

11 orang telah dilepaskan dan dikirim ke Spanyol. Tawanan ke-12 dijadwalkan tiba di Madrid, Rabu ini, dan delapan orang lain diharapkan kedatangan mereka di ibukota Spanyol tsb menjelang akhir pekan ini.

XS
SM
MD
LG