Tautan-tautan Akses

AS

Pelabuhan Pesisir Barat AS Mulai Beroperasi Setelah Mogok Buruh


Truk kargo mengantri di Pelabuhan Long Beach, di Long Beach, California, 17 Februari 2015.

Truk kargo mengantri di Pelabuhan Long Beach, di Long Beach, California, 17 Februari 2015.

Pelabuhan-pelabuhan Amerika di pesisir Pasifik memulai kegiatan mengurangi tumpukan kargo bernilai miliaran dolar pada Sabtu (21/2) malam, menyusul tercapainya kesepakatan tentative mengenai kontrak ketenagakerjaan baru antara para buruh dan pengelola pelabuhan.

Kesepakatan sementara antara para buruh dan pengelola pelabuhan ni menyelesaikan sengketa yang mengganggu arus kargo di 29 pelabuhan dan mengacaukan perdagangan dengan Asia.​

Kesepakatan itu dicapai Jumat (20/2) malam. Namun, kontrak sementara itu masih harus disetujui oleh para pengelola pelabuhan dan anggota serikat buruh pelabuhan. Belum jelas benar kapan voting mengenai kontrak itu akan dilakukan.

Dalam suatu pernyataan bersama, presiden Pacific Maritime Association, James McKenna, dan presiden International Longshore and Warehouse Union, Bob McEllrath, mengatakan, mereka gembira telah mencapai kesepakatan tentatif yang baik bagi para buruh dan industri pengapalan.

Menteri Tenaga Kerja Amerika Thomas Perez mengawasi perundingan antara kedua pihak pekan lalu di San Francisco, California.

Gedung Putih menanggapi kesepakatan itu yang disebutnya sebagai “kelegaan besar” bagi ekonomi Amerika, khususnya bagi banyak pekerja, petani dan bisnis Amerika yang terimbas sengketa itu. Seorang juru bicara mengatakan Presiden Barack Obama mendesak semua pihak, yang sedang menyelesaikan kesepakatan mereka, agar mengatasi kepadatan kapal di pelabuhan-pelabuhan di Pantai Barat Amerika.

XS
SM
MD
LG