Tautan-tautan Akses

Pejabat PBB Urusan Ebola: Krisis Bisa Berakhir Tahun Ini


Anthony Banbury, kepala misi PBB untuk tanggap darurat Ebola (Foto: dok).

Anthony Banbury, kepala misi PBB untuk tanggap darurat Ebola (Foto: dok).

Anthony Banbury, dalam pidato terakhirnya sebagai kepala misi PBB untuk tanggap darurat Ebola, Jumat (2/1) membicarakan kemajuan yang berarti dalam pemberantasan Ebola, sejak ia ditunjuk bulan September.

Kepala misi PBB urusan penanggulangan Ebola yang akan segera mengakhiri masa jabatannya mengatakan wabah terparah virus yang sedang berlangsung itu, bisa diakhiri tahun ini.

Anthony Banbury, dalam pidato terakhirnya sebagai kepala misi PBB untuk tanggap darurat Ebola, Jumat (2/1) di Accra, ibukota Ghana, membicarakan kemajuan yang berarti dalam pemberantasan Ebola, sejak ia ditunjuk bulan September.

Tetapi ia menegaskan, masih perlu waktu lama, sebelum krisis itu berakhir dan mengatakan, satu-satunya hasil akhir yang bisa diterima adalah, tidak ada lagi penderita Ebola.

Banbury mengatakan, ketika misi PBB itu dimulai tahun lalu, sekitar 1,4 juta orang diperkirakan terjangkit Ebola pada awal tahun 2015. Tetapi jumlah penderita sekarang ini 20.206, menurut Organisasi Kesehatan Sedunia, termasuk paling tidak 7.900 korban meninggal.

Banbury akan digantikan Ismail Ould Cheikh Ahmed, seorang pejabat kemanusiaan senior, untuk memimpin misi PBB itu mulai hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG