Tautan-tautan Akses

PBB Soroti Memburuknya Keamanan di Afghanistan


Utusan Khusus PBB Untuk Afghanistan Nicholas Haysom (Foto: dok).

Utusan Khusus PBB Untuk Afghanistan Nicholas Haysom (Foto: dok).

Utusan Khusus PBB Untuk Afghanistan Nicholas Haysom menyerukan kemajuan dalam bidang politik, dengan mengatakan pemerintah bersatu Afghanistan perlu menunjukkan keefektifannya tahun depan.

Utusan Khusus PBB Untuk Afghanistan Nicholas Haysom hari Senin (21/12) mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB, kondisi keamanan di Afghanistan “secara keseluruhan telah memburuk,” beberapa jam setelah seorang pembom bunuh diri Taliban menewaskan enam tentara Amerika dalam serangan terhadap patroli NATO.

Nicholas Haysom mengatakan tentara Afghanistan “menggunakan seluruh kapasitas” dan membutuhkan logistik, administrasi dan upaya yang lebih baik untuk mendorong moral warga. Haysom juga menyerukan kemajuan dalam bidang politik, dengan mengatakan pemerintah bersatu Afghanistan perlu menunjukkan keefektifannya tahun depan. “Afghanistan perlu menemukan jalur politik menuju perdamaian,” ujar Haysom kepada Dewan Keamanan PBB.

Sudah satu tahun berlalu sejak pasukan koalisi NATO pimpinan Amerika mengakhiri misi tempurnya di Afghanistan dan mengalihkan pada fungsi melatih dan memberi nasehat kepada pasukan keamanan Afghanistan ketika mereka berupaya membela negara mereka sendiri.

Sebuah laporan Departemen Pertahanan Amerika yang dikeluarkan pekan lalu mengatakan pasukan Afghanistan memiliki “kapasitas yang tidak seimbang” untuk mempertahankan wilayah yang telah mereka kuasai dan “mempertahankan postur defensif yang membatasi ketangkasan mereka di seluruh negara itu.” Laporan itu menambahkan bahwa ada peningkatan korban tewas hingga 27 persen tahun ini.

Lebih dari 1.800 tentara Amerika tewas sejak dimulainya perang Afghanistan pada Oktober 2001. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG