Tautan-tautan Akses

PBB Siapkan Rekomendasi Baru Bagi Pasukan PBB-Uni Afrika


Anggoota Misi bersama Uni Afrika-PBB di Darfur (UNAMID) dari Tanzania tengah berpatroli di wilayah Khor Abeche, Darfur Selatan, Sudan (Foto: dok).

Anggoota Misi bersama Uni Afrika-PBB di Darfur (UNAMID) dari Tanzania tengah berpatroli di wilayah Khor Abeche, Darfur Selatan, Sudan (Foto: dok).

Presiden Sudan Omar Al-Bashir baru-baru ini memerintahkan penutupan kantor HAM UNAMID dan menolak mengijinkan pasukan bersama PBB-Uni Afrika itu melakukan kunjungan kedua ke desa Tabit di Darfur .

Pemerintah Sudan meningkatkan tekanan pada PBB, sementara Sekjen PBB Ban Ki-Moon mempersiapkan beberapa rekomendasi tentang masa depan pasukan bersama penjaga perdamaian PBB-Uni Afrika di kawasan Darfur yang dikoyak aksi kekerasan.

Presiden Sudan Omar Al-Bashir hari Kamis (25/12) memerintahkan pengusiran dua pejabat tinggi PBB yaitu Koordinator Pemukiman PBB Ali Al Za’tari yang berasal dari Yordania dan Direktur Program Pengembangan PBB Yvonne Helle yang berasal dari Belanda.

Sekjen PBB Ban Ki-Moon mengutuk tindakan itu sebagai “hal yang tidak dapat diterima” dan mendesak pemerintah Sudan supaya segera mencabut keputusan itu.

Hal serupa disampaikan Utusan Khusus Amerika Untuk PBB Samantha Power yang mengirim pesan lewat Twitter “pemerintah Sudan telah menunjukkan jati dirinya dengan mengusir dua pejabat PBB sementara kekerasan terus berlanjut. Keputusan memalukan yang seharusnya dicabut.”

Pengusiran itu dilakukan setelah Bashir meminta “program yang lebih jelas” guna mengakhiri misi bersama di Darfur – yang dikenal sebagai UNAMID – yang dibentuk tahun 2007 untuk melindungi warga sipil yang terjebak dalam konflik antar pemberontak anti-pemerintah.

PBB mengatakan 300 ribu orang telah meninggal dalam konflik itu dan lebih dari dua juta lainnya mengungsi.

Presiden Sudan Omar Al-Bashir baru-baru ini juga memerintahkan penutupan kantor HAM UNAMID dan menolak mengijinkan pasukan bersama PBB-Uni Afrika itu melakukan kunjungan kedua ke desa Tabit di Darfur untuk menyelidiki tuduhan bahwa lebih dari 200 perempuan telah diperkosa oleh pasukan pro-pemerintah.

Kunjungan awal UNAMID ke desa itu tidak menemukan bukti atas tuduhan tersebut, tetapi ada dugaan bahwa warga setempat telah diintimidasi oleh tentara Sudan sebelum kedatangan pasukan UNAMID.

Misi UNAMID yang terdiri dari 16 ribu militer, tiga ribu polisi dan lebih dari empat ribu staf sipil merupakan pasukan penjaga perdamaian PBB terbesar kedua yang memakan anggaran, yaitu lebih dari 1,3 milyar dolar per tahun. Tetapi misi ini kerap dikecam karena kinerjanya dinilai tidak sesuai target.

XS
SM
MD
LG