Tautan-tautan Akses

PBB Puji Kemajuan dalam Melawan Militan Al-Shabab di Somalia


Kelompok yang dicurigai militan Al-Shabab ditangkap dalam serangan ke pangkalan Uni Eropa tampak di Mogadishu, Somalia, 25 Desember 2014. (Foto: dok.)

Kelompok yang dicurigai militan Al-Shabab ditangkap dalam serangan ke pangkalan Uni Eropa tampak di Mogadishu, Somalia, 25 Desember 2014. (Foto: dok.)

Utusan PBB untuk Somalia mengatakan serangan udara Amerika dan ofensif darat pasukan Somalia telah berhasil membebaskan hampir 20 kota di negara itu dari kekuasaan militan al-Shabab.

Berbicara kepada VOA, utusan khusus PBB Nicholas Kay mengungkapkan “keberhasilan berarti” pada tahun 2014 dalam usaha menumpas kelompok terkait al-Qaida itu. Ia juga menyebutkan kemajuan politik guna mengakhiri pemberontakan yang telah berlangsung hampir sembilan tahun itu.

Media-media regional melaporkan komandan al-Shabab Ibrahim Filey tewas hari Kamis dekat kota Kurtun Waarey di bagian selatan. Stasiun radio Bar-Kulan yang dibantu PBB melaporkan bahwa tiga militan lainnya juga tewas dalam pertempuran dengan pasukan Somalia, tetapi tidak ada rinciannya.

Hari Selasa (30/12), pihak berwenang Somalia mengatakan al-Shabab membunuh enam tentara di Baidoa dalam serangan di pos pemeriksaan yang terletak sekitar 250 kilometer sebelah barat Mogadishu.

Secara terpisah, Pentagon telah mengkonfirmasi serangan udara Amerika menewaskan kepala keamanan al-Shabab Tahil Abdishakur tanggal 29 Desember. Serangan udara Amerika sebelumnya menewaskan pemimpin kelompok itu Ahmed Abdi Godane bulan September 2014.

XS
SM
MD
LG