Tautan-tautan Akses

Majelis Umum PBB Pangkas Anggaran 2012 dan 2013


Sekjen PBB Ban Ki-moon (Foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon (Foto: dok).

Majelis umum PBB telah menyetujui pemangkasan lima persen anggaran PBB untuk dua tahun ke depan. Hal itu menandakan hanya dua kali anggaran PBB berkurang dalam kurun 50 tahun terakhir.

Kebijaksanaan Majelis Umum PBB hari Sabtu itu berarti pengurangan anggaran yang saat ini berkisar 5,41 milyar dolar turun menjadi 5,15 milyar dolar untuk periode tahun 2012 dan 2013.

Sekjen PBB Ban Ki-moon memuji kesediaan Majelis Umum untuk membuat langkah-langkah penghematan dengan mengatakan “Pemerintah dan rakyat dimanapun sedang mengalami kesulitan”. Ia mengatakan sudah menjadi keharusan memanfaatkan semaksimal mungkin sumber-sumber daya yang tersedia dan terus melaksanakan mandat badan dunia itu.

Ban Ki-moon sudah mengusulkan beberapa langkah penghematan termasuk memangkas biaya perjalanan dan memanfaatkan lebih baik sumber-sumber daya badan yang beranggotakan 193 negara itu. Ia juga menjanjikan negara anggota PBB akan mendapat penggunaan sumber daya secara maksimum dan dipenuhinya mandat “secara efisien”

XS
SM
MD
LG