Tautan-tautan Akses

PBB Minta Dana Bantuan bagi Suriah


Warga Suriah yang kelaparan menanti bantuan makanan dan obat-obatan dari PBB.

Warga Suriah yang kelaparan menanti bantuan makanan dan obat-obatan dari PBB.

PBB menyerukan upaya bantuan kemanusiaan besar-besaran untuk mengatasi krisis pengungsi Suriah yang memburuk.

Badan PBB bidang kemanusiaan dan pembangunan hari Selasa (12/1) memohon dana bantuan baru sebesar $ 7,73 milyar untuk tahun 2016 guna membantu 22,5 juta orang di Suriah dan di sekitar wilayah tersebut.

Badan bantuan itu mengatakan dana itu diperlukan untuk membantu 4,7 juta pengungsi yang diperkirakan akan membanjiri negara-negara tetangga dari zona konflik tersebut menjelang akhir tahun 2016 dan membantu 13,5 juta orang yang terlantar dan terkena dampak konflik lain di dalam Suriah sendiri.

Konflik yang dimulai bulan Maret 2011 itu telah menewaskan lebih dari 250 ribu orang dan mencederai lebih dari 1,2 juta orang. Upaya multinasional terbaru untuk menengahi kesepakatan damai dilakukan akhir bulan ini, selagi utusan khusus PBB untuk Suriah berencana mempertemukan pihak-pihak yang berperang melakukan pembicaraan damai di Jenewa. Putaran terakhir perundingan yang ditengahi PBB dua tahun lalu berakhir dengan sedikit kemajuan.

Permintaan bantuan bagi Suriah itu merupakan bagian dari upaya kemanusiaan tahun 2016, yang membutuhkan dana $ 20,1 milyar untuk membantu 87 juta orang di berbagai zona krisis di seluruh dunia. [zb/jm]

XS
SM
MD
LG