Tautan-tautan Akses

PBB: Lebih dari 80 Persen Anak Suriah Terimbas Konflik


Gambar yang dibuat anak pengungsi Suriah di Kahramanmaras, Turki.

Gambar yang dibuat anak pengungsi Suriah di Kahramanmaras, Turki.

Salah satu tantangan terberat adalah menyediakan pendidikan bagi anak-anak karena lebih dari 2,1 juta anak di dalam wilayah Suriah dan 700 ribu anak di negara-negara tetangga, putus sekolah.

Badan PBB untuk Anak-Anak, UNICEF, mengatakan kehidupan lebih dari 8,4 juta anak Suriah terbentuk oleh konflik.

Laporan UNICEF menyebutkan sekitar 3,7 juta anak Suriah - atau satu dari tiga anak - lahir sejak konflik dimulai lima tahun lalu, termasuk 306 ribu yang lahir sebagai pengungsi.

Badan tersebut mengatakan separuh dari semua pengungsi Suriah adalah anak-anak. Lebih dari 15.000 melintasi perbatasan Suriah tanpa keluarga.

UNICEF mengungkapkan, pada tahun 2015, lebih dari separuh jumlah yang direkrut angkatan dan kelompok bersenjata adalah anak-anak dibawah usia 15 tahun. Padahal, pada tahun 2014, jumlah itu kurang dari 20 persen.

Menurut UNICEF, salah satu tantangan paling signifikan dalam konflik itu adalah menyediakan pendidikan bagi anak-anak karena lebih dari 2,1 juta anak di dalam wilayah Suriah dan 700 ribu anak di negara-negara tetangga, putus sekolah.

Badan itu mengimbau penyediaan dana US$1,4 milyar guna memberi kesempatan kepada anak-anak Suriah mengenyam pendidikan. [ka/al]

XS
SM
MD
LG