Tautan-tautan Akses

PBB, Korut Adakan Pembicaraan Babak Ketiga


Dalam pertemuan terakhir di Panmunjom pekan lalu, Korea Utara mengajukan lagi permohonan untuk memeriksa rongsokan Cheonan.

Komando PBB yang dipimpin Amerika mengadakan pembicaraan babak ke-3 dengan pejabat militer Korea Utara hari Jumat mengenai penenggelaman maut kapal perang Korea Selatan yang dituduh dilakukan Pyongyang.

Kedua pihak mengirim kolonel ke pembicaraan di desa perbatasan Panmunjom. Belum ada keterangan mengenai hasil pembicaraan itu. Mereka diperkirakan membahas apakah kedua pihak harus membentuk kelompok bersama untuk memeriksa bukti yang ada dari penenggelaman tanggal 26 Maret kapal perang Cheonan, yang menewaskan 46 tentara laut Korea Selatan.

Tim penyelidik internasional mengatakan torpedo Korea Utara menenggelamkan Cheonan, tetapi Pyongyang membantah bertanggung jawab.

Dalam pertemuan terakhir yang diadakan di Panmunjom pekan lalu, Korea Utara mengajukan lagi permohonan untuk memeriksa rongsokan Cheonan. Tetapi, Komando PBB yang dipimpin Amerika itu mengatakan mereka menuntut agar rejim Korea Utara mengaku bertanggung jawab atas penenggelaman itu.

XS
SM
MD
LG